Psikologi

Telkom menata portofolio infrastruktur

Pertumbuhan Telkom Group dalam satu tahun terakhir ini telah mencatatkan double digit dengan market kapitalisasi tumbuh mencapai kisaran 70%. Pertumbuhan ini masih dominan ditopang pada pertumbuhan bisnis organik.

 

Dalam upaya mempertahankan Competitive Sustainability Growth guna menjaga dan meningkatkan pertumbuhan, Telkom menata portofolio bisnis dengan mengacu model holding company dalam rangka mewujudkan visinyasebagai Leading TIMES (Telecommunication Information, Media, Edutainment and Services)Provider in The Region.

 

“Telkom saat ini tengah menata portofolio bisnisnya dalam upaya mempertahankan double digit growth”, ujar Arif Prabowo, OVP Public Relations Telkom. Penataan portofolio bisnis ini salah satunya melalui penataan portofolio infrastruktur telekomunikasi sebagai penopang utama portofolio produk/layanan, diantaranya pembentukan PT Telkom Akses mengelola jaringan akses, Divisi Infratel untuk pengelolaan backbone, Divisi Broadband untuk Fixed Broadband, Divisi Wibro untuk mengelola Wireless Broadband serta pengelolaan bisnis tower oleh PT Dayamitra atau dikenal dengan Mitratel.

Bisnis tower sebagai salah satu bagian dari portofolio infrastruktur telekomunikasi secara natural merupakan wholesalebisnis Telkom dimana pelanggannya adalah operator seluler yang menjadi subjek dari supporting facility sharing telecommunication.

 

Berdasar hasil benchmark ke beberapa operator telekomunikasi dunia, untuk pengelolaan portofolio bisnis tower umumnya dilakukan upaya un-locking value yang merupakan upaya untuk memperoleh peningkatan nilai dari aset dan bisnis tower yang dimiliki oleh operator telekomunikasi.

 

Untuk meningkatkan nilai aset dan bisnis tower, salah satu opsi umum yang banyak dilakukan operator telekomunikasi di dunia adalah memisahkan dan menjadikannya sebagai suatu perusahaan terbuka (public listed company). “Penataan aset dan bisnis tower Telkom mengarah pada public listed company”, demikian jelas Arif. (sumber: telkom.co.id; dan http://indotelcommunity.com/telkom-menata-portfolio-infrastruktur-telekomunikasi.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close