Psikologi

Tujuh Rahasia Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia

(republika.co.id)- HELSINKI; Finlandia mengalami 200 hari musim dingin. Dan 2 bulan penuh, matahari tidak pernah naik di atas cakrawala. Suhu terendah bisa minus 20 derajat. Dengan kondisi itu, Finlandia dapat gelar negara paling bahagia di dunia.

 

World Happiness Report memberikan rekor itu ditinjau dari pendapatan, harapan hidup, kebebasan membuat pilihan, dan pemerintahan kompeten yang mendapat kepercayaan warga negara. Berikut tujuh rahasia Finlandia yang jadi pembelajaran banyak orang.

 

Semangat bernama “sisu”

Warga Finlandia menganut “sisu”, semangat dan ketabahan menghadapi masa sulit. Mereka tak pernah mengeluh meski cuaca tidak cerah. Pepatah lokal berbunyi, “Kebahagiaan tidak muncul karena Anda mencarinya, tetapi dengan terus menjalani hidup”.

 

Dekat dengan alam

Sebanyak 75% dari luas daratan Finlandia terdiri dari hutan. Penduduk Finlandia kerap melakukan “terapi hutan” dengan menjelajah atau berkemah di hutan, tepian danau, serta pinggiran sungai. Aktivitas itu disebut “hak setiap warga”.

 

Bersantai di sauna

Menguras keringat di sauna itu hobi nasional di Finlandia. Populasi penduduk negara tersebut 5,4 juta jiwa, berbanding dengan jumlah sauna mencapai dua juta. Sauna jadi tempat memurnikan jiwa raga, membuat otot dan pikiran relaks.

 

Hidup minimalis

Orang2 Finlandia senang hidup minimalis. Jika memiliki barang, mereka pilih yang awet, fungsional, dengan manfaat berkelanjutan. Penduduk negara itu gemar membaca, dengan 68 juta buku dipinjam dari perpustakaan per tahun.

 

Menjamin kesejahteraan anak

Finlandia memiliki jaringan pengaman sosial yang kuat untuk menjamin kesejahteraan bayi dan anak2. Ada tempat penitipan anak dengan harga terjangkau. Biaya pendidikan sekolah dasar, menengah, dan universitas di sana hampir gratis.

 

Tidak mengumbar kebahagiaan

Rendah hati itu ciri khas warga Finlandia. Umumnya, penduduk Finlandia kurang suka mengunggah banyak hal di media sosial. Mereka menjaga kebahagiaan untuk dirasakan sendiri bersama orang tersayang, bukan mengumbarnya ke dunia maya.

 

Merangkul emosi negative

Berbahagia dan mensyukuri kondisi yang ada bukan berarti selalu tersenyum. Finlandia relatif melankolis, warganya suka mendengarkan musik tango yang sedih atau heavy metal untuk menerima hidup apa adanya, dikutip dari laman Afar. (Red : Esthy Maharani; Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/travelling/pq8wer335/tujuh-rahasia-finlandia-jadi-negara-paling-bahagia)-FatchurR *

 

*** Kebahagiaan itu datangnya dari diri kita sendiri; Yuk kita buat berbahagia (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close