Psikologi

Orang Religius atau Orang Spiritual

Fenomena yg terjadi saat ini buat prihatin. Kita dikenal sebagai bangsa yang religius, banyak yg taat beragama. Tempat ibadah ada di-mana2. Tapi kejahatan terus terjadi, korupsi dan fitnah merajalela.
Hal ini menunjukkan kita tidak mampu membuktikan adanya perbedaan antara yg beragama dgn yg tdk. Kita msh terpaku pada “religius”, tapi bukan “spiritual”.

Definisi awam.
Orang religius adalah orang yg agamis, rajin ibadah, terkadang penampilan agamisnya sengaja diperlihatkan, dan menampilkan simbol-simbol agama.

Orang spiritual adalah orang yg baik bukan hanya dlm jalankan perintah agama saja, atau di tempat ibadah saja, tapi ia selalu baik dimanapun berada.

Ada 5 perbedaan antara religius dengan spiritual:
1.Orang religius adalah orang yg percaya bhw Tuhan itu ada. Sedang orang spiritual adalah orang yang percaya bhw Tuhan itu hadir. Orang melakukan perbuatan tdk baik krn ia berpikir bhw Tuhan ada, tapi “tidak hadir”.
Sedang orang spiritual berpikir bhw Tuhan ada dimanapun dia sedang berada.

2.Orang religius adalah orang yg merasa paling suci dan paling benar.
Sedang orang spiritual adalah orang yang melihat semua orang adalah setara. Semua punya kelebihan d kekurangan.

3.Orang religius adalah orang yg mudah melihat perbedaan dan sensitf dgn perbedaan. Orang spiritual adalah orang yg mudah melihat persamaan, bisa terima perbedaan, dan mau mndengarkan orang lain.

4.Orang religius adalah orang yg hanya pentingkan simbol2 agama dan ritual agama saja.
Orang spiritual adalah orang sembunyikan ibadahnya dari orang lain, dan praktekkan keagamaannya dimanapun dan kapanpun.

5.Orang religius adalah orang yg baik dlm urusan ibadah saja.
Orang spiritual adalah orang yang baik dalam semua urusan, karena menganggap semua urusan adalah ibadah. Kini jelas sudah bahwa tanpa spiritual, ibadah yang dilakukan hanya menjadi ritual semata.

Ritual agama diperlukan, tapi hrs dilakukan dgn kesadaran dan cinta kpd Tuhan.
Religius adalah cara untuk meraih spiritual.
Kita bisa jadi spiritual tanpa melakukan hal2 yg religius. Tapi hal itu tidak lengkap. Karena beragama tanpa ibadah tidaklah lengkap.

Untuk jadi orang yg spiritual kita harus ingat esensi dan hakekat kita kenapa ada di dunia ini dan mencari makna dari setiap yg kita lakukan. Mari kita ubah diri kita jadi orang yang religius dan spiritual. (Hanny Purwanto-72; sumber By Arvan Pradiansyah; )-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close