Psikologi

Taipan Asia Pasifik Paling Dermawan Ada Juga Dari Indonesia

(entrepreneur.bisnis.com)-JAKARTA; Taipan properti Singapura, Philip dan Robert Ng bersaudara, masuk daftar Pahlawan Filantropi tahunan Forbes, yang menyoroti total 15 altruis di kawasan Asia-Pasifik yang berkomitmen pada berbagai hal  dari bantuan COVID-19 hingga seni dan pendidikan.

 

Tahun-2020, Ng bersaudara menjadikan kebutuhan penanganan pandemi sebagai prioritas utama untuk yayasan keluarganya. Dilansir dari Channel News Asia, Yayasan Amal Ng Teng Fong yang berbasis di Hong Kong menyumbangkan 50 juta yuan (Maret-2020) ke Universitas Tsinghua di Beijing untuk mendukung penelitian COVID-19.

 

Forbes Asia melaporkan, sumbangan lainnya termasuk 7 juta masker, 60.000 makanan, 4.200 paket perawatan untuk pekerja rumahan Lansia, 20 ventilator dan 2 mesin pembuat masker di Hong Kong, Singapura tempat lain.  Taipan yang masuk daftar tahun-2020, yang tak diberi peringkat, mendonasikan kekayaan pribadi mereka untuk kegiatan amal.

 

Beberapa donor terbesar-2020 berfokus penanganan pandemi COVID-19. Di antaranya membangun rumah sakit, menyediakan peralatan pelindung atau mendanai penelitian medis.

 

Pahlawan Filantropi lain dalam daftar itu termasuk Li Ka-Shing dari Hong Kong, yang menyalurkan 250 juta dolar Hong Kong ke dalam berbagai bentuk bantuan melalui Li Ka Shing Foundation, termasuk 100 juta dolar Hong Kong untuk komunitas di Wuhan, pusat dari wabah di China.

 

Li juga menyumbangkan 1 miliar dolar Hong Kong berbentuk bantuan dana (akhir 2019) disalurkan ke 28.000 bisnis lokal yang terkena dampak kerusuhan politik sepanjang-2020. Orang terkaya di Jepang, Tadashi Yanai bos Fast Retailing dan pemilik Uniqlo, juga masuk dalam daftar ini.

 

Yanai memberi 11,2 miliar yen ke dua universitas di negara itu setahun terakhir. Termasuk sumbangan 10 miliar yen ke Universitas Kyoto untuk memfasilitasi penelitian penyakit dan mengembangkan vaksin untuk virus corona.

 

Pham Nhat Vuong, orang terkaya Vietnam dan pemilik mayoritas Vingroup yang terdiversifikasi, menyumbang US$77 juta tahun-2020 melalui badan amal, Kind Heart Foundation, membantu orang-orang yang butuh beasiswa pendidikan dan program perawatan kesehatan gratis di negaranya.

 

Li Shufu dari China, Chairman Geely Automobile Holdings, menyumbang US$28 juta pada Januari-2020 membantu memerangi COVID-19 melalui Yayasan Amal Li Shufu Zhejiang, yang ia dirikan tahun 2006 untuk berbagai tujuan, termasuk pendidikan, bantuan bencana, dan bantuan medis. Namun, tidak ada daftar taipan dari Indonesia yang tercatat dalam daftar yang ditulis CNA itu.

 

Selain enam tokoh di atas, berikut daftar Pahlawan Filantropi tahunan Forbes: (tanpa peringkat)

– Pham Nhat Vuong, Chairman, Vingroup (Vietnam)

– Pramod Bhasin, Chairman, Clix Capital (India)

– Robert Ng, Chairman, Sino Group (Singapura)

– Philip Ng, CEO, Far East Organization (Singapura)

 

– Li Ka-Shing, Senior Advisor, CK Asset Holdings and CK Hutchison Holdings (Hong Kong)

– John Gandel, Chairman, Gandel Group (Australia)

– Pauline Gandel, Director, Gandel Group (Australia)

– Li Shufu, Chairman, Geely Automobile Holdings (China)

– Huh Dong-Soo, Honorary Chairman, GS Caltex (Korea Selatan)

 

– Tadashi Yanai, Chairman, Fast Retailing (Jepang)

– Eleanor Kwok Law Kwai Chun, Vice Chairman, Sa Sa International (Hong Kong)

– Manuel Villar, Chairman, Vista Mall and Vista Land & Landscapes (Filipina)

– Simon Lim, Chairman, Wistron (Taiwan)

– Lee Su-Young, Chairman, Gwangwon Industry (Korea Selatan)

 

– Li Xiting, Chairman, Shenzhen Mindray Bio-Medical Electronics (China)

– Rakesh Jhunjhunwala, Founder, Rare Enterprises (India)

– Yusaku Maezawa, mantan CEO, Zozo (Jepang)

 

(Nirmala Aninda; Editor : Mia Chitra Dinisari; Bahan dari : https://entrepreneur.bisnis.com/read/20201111/265/1316465/daftar-taipan-asia-pasifik-yang-paling-dermawan-ada-dari-indonesia)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close