Opini dan sukses bisnis

Jualan Sabun Hasilkan 12T Simak Pengalaman Harjo Sutanto

(potensibisnis.pikiran-rakyat.com)- Gelar Konglomerat tertua di Indonesia terpilih pendiri Wings Group, Harjo Sutanto. Di usia hampri (100), tepatnya berusia 94 tahun total kekayaan Harjo menurut Forbes ditaksir USD810 setara Rp12 triliun.

 

Perjalanan karir Bisnisnya bermula jualan  sabun dari pintu ke pintu di Jatim. Dengan percaya diri Harjo beserta sahabat dekatnya, Johannes Ferdinad Katuari tiap hari konsisten kerja keras dan optimis produk sabunya laris. Tak disangka, jualan dari pintu pada bisa raup keuntungan hingga triliunan rupiah.

 

Tahun 1949, bisnis sabunnya dimulai bernama Fa Wings. Awalnya, mereka hanya memproduksi sabun colek yang langsung melejit di pasaran. Kesuksesan mereka pun bertambah hingga memproduksi sabun mandi merek GIV yang juga laku keras.   Berkat usaha kerasnya, Fa Wings pun berubah menjadi Wings Group yang menjadi produsen sabun terbesar di Indonesia.

 

Dikutip PotensiBisnis.com dari WartaEkonomi.com, kini, bisnisnya bertambah produk rumah tangga seperti deterjen, pembersih toilet hingga pembalut wanita. Misal So Klin, Ciptadent dll. Lalu, Wings Group juga berekspansi ke bisnis makanan dan minuman dengan memproduksi mie instan, saus, minuman bubuk, dan kopi.

 

Mie instan yang terkenal di pasaran adalah Mie Sedaap yang melintar hingga ke luar negeri. Selain itu, Wings Group juga terus berupaya mengikuti perkembangan zaman lewat franchise minimarket FamilyMart yang diganderungi kalangan milenial, terutama di Ibu Kota.***

 

(Tim Potensibisnis; Editor: Rahman Agussalim; Bahan dari :  Warta Ekonomi dan https://potensibisnis.pikiran-rakyat.com/sukses-story/pr-69869384/jualan-sabun-hasilkan-rp12-t-simak-pengalaman-harjo-sutanto)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close