Hobi danKetrampilan

Lidah Mertua Melengkung Keriput Dan Kering Begini Solusinya

(portaljember.pikiran-rakyat.com)- Selain Aglonema dan Janda Bolong, tanaman Lidah Mertua juga populer bagi pecinta tanaman hias. Tapi, kurangnya pengalaman membuat para pemula bingung mengatasi pertumbuhan lidah mertua yang melengkung keriput dan kering.

 

Meski mudah dikembangbiakkan dan tangguh, tanaman lidah mertua kadang mengalami pertumbuhan kurang baik karena kadar air, hama dan penyakit, pencahayaan, dsb. Tanaman lidah mertua butuh cahaya cukup, baik di dalam maupun di luar rungangan, dengan suhu berkisar 10°-30° C.

 

Bila mendapati daun  lidah mertua melengkung, keriput, dan ada bercak-bercak, segera periksa tanaman itu sebelum daunnya makin keriting, kering, bahkan mati. Berikut hal yang perlu diperiksa versi PORTAL JEMBER beserta cara mengatasinya.

 

1-Penyiraman

Tanaman lidah mertua cukup kuat tumbuh di tempat kering. Akar tanaman ini menyimpan cadangan air untuk didistribusikan ke daun. Kadar air yang berlebihan menyebabkan akar busuk. Bila akar busuk, menyebabkan berhentinya transfer nutrisi ke daun, sehingga daun melengkung.

 

Untuk itu sebaiknya lakukan penyiraman seperlunya, yaitu saat media tanam lidah mertua sudah mulai kering dan gunakan media tanam yang gembur sehingga sirkulasi udara berjalan lancar.

 

2-Hama

Setidaknya ada 3 hama  yang biasa menyerang tanaman lidah mertua, yaitu thrips, kutu putih, tungau laba-laba, dan jamur. Thrips itu hewan berupa kutu hitam kecil. Tanaman lidah mertua yang terserang thrips biasanya ditandai dengan bintik hitam kecil di seluruh daun dan daun melengkung.

 

Tidak sama dengan thrips, kutu putih berbentuk oval, datar, seperti lilin, berwarna putih, dan teksturnya menyerupai kapas. Dan, tungau laba-laba biasanya berbentuk bulat merah atau hitam. Untuk memastikan ke-3 hama ini yang menyerang tanaman lidah mertua bisa dengan tes. Yaitu membasahi kain putih, lalu lap daun lidah mertua menggunakan kain tersebut.

 

Bila tanaman lidah ini diserang hama-hama, maka lap putih itu akan dipenuhi hewan kecil. Untuk mengatasinya bersihkan daunnya, bisa dengan cara melap semua bagaian dan permukaan daunnya atau mencucinya dengan menyiramkan air secara lembut.

 

Buang daun-daun yang buruk dengan memotongnya menggunakan alat steril dan hanya sisakan daun yang sehat. Apabila hama membandel, lakukanlah penyemprotan insektisida. Bisa pakai insektisida kimia atau organik.

 

3-Jamur

Tanaman ini bisa melengkung, keriput, dan kering jika berjamur. Jamur biasanya ditandai bercak merah penyebab lesi merah, dan pertumbuhan seperti jaring dan coklat tua, daun mengeras. Tumbuhnya jamur berkaitan erat dengan proses penyiraman yang gak tepat, yaitu menyiram  berlebihan.

 

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah memotong daun yang sudah buruk dan kering dan merepoting di pot baru. Apabila jamur yang menyerang tanaman lidah mertua sudah sangat parah, lebih baik dibuang, dan ambil bagian yang bisa dijadikan anakan baru.***

 

(Alim Hajar Ikramah; Editor : Boy Nugroho; Bahan dari : https://portaljember.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-16830514/tanaman-lidah-mertua-melengkung-keriput-dan-kering-tenang-begini-solusinya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close