Hobi danKetrampilan

Pecel punten Kediri

Pecel banyak ditemui di beberapa daerah di Tanah Air. Penyajiannya pun beraneka rupa. Di Kediri, misalnya, ada pecel punten, yang bisa ditemui di rumah makan sederhana milik Ester di Kelurahan Ketami, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri.

Punten terbuat dari nasi masak yang ditumbuk halus dengan campuran garam serta kelapa. Bagi masyarakat di kota ini, punten bukan makanan baru. Meski terlihat sederhana, harga menu ini justru lebih mahal ketimbang nasi biasa. Rasanya pun gurih karena mengandung santan kelapa. Bersantap pecel punten dengan sambal pedas menjadi alternatif baru menikmati pecel.

Konsumen rumah makan di area persawahan dan ladang tebu ini jauh mengungguli rumah makan berbintang. Bahkan, pada jam istirahat siang, tak ada tempat yang tersisa karena kehadiran pegawai negeri di Pemerintah Kota dan Kabupaten Kediri. Hal ini cukup mencengangkan, mengingat jarak antara rumah makan dan perkantoran lebih dari 5 kilometer.

Punten berukuran besar yang telah dipotong menjadi tiga bagian ukuran tiga ruas jari berbentuk persegi ditata di atas piring. Di atasnya diletakkan potongan daun ketela, daun turi, kecambah, serta lima kerupuk kali sebelum diguyur dengan sambal pecel. (Agus Suryono; Bonus: sejarah pecel menurut Tempo, baca: http://t.co/uaWcG8pk)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close