Psikologi

Gigi berlubang dan resikonya(1/4)

(Serial)-Apakah anda pernah pernah sakit gigi? Penyakit ini sering dianggap penyakit sepele, terutama bagi orang yang belum pernah mengalaminya. Namun akibat yang ditimbulkan sakit gigi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan berbahaya karena bisa menyebabkan kematian lho

 

Gigi Berlubang Bisa Menyebabkan Kematian? Jawabannya yap benar sekali lho , bila gigi tidak dirawat dan kondisi tubuh lemah. Gigi berlubang, menjadi jalan besar bagi bakteri untuk masuk ke tubuh. Sering kali masalah yang menyebabkan sakit gigi, ialah lubang pada gigi yang dimasuki bakteri.

 

Infeksi pada gusi dan akar gigi dapat menjalar ke berbagai organ vital, berakibat banyak gangguan kesehatan. Infeksi bakteri ini dapat dilawan karena tubuh kita punya sel2 yang berperan sebagai daya tahan tubuh.Tapi jika daya tahan tubuh kita lemah, maka infeksi bakteri akan semakin hebat.

 

Tahap awal, infeksi masih terlokalisir di daerah ujung akar gigi yang berlubang. Biasanya timbul rasa tidak nyaman atau sakit saat gigi, jika mengunyah atau ditekan. Ini bisa ditanggulangi dengan perawatan saluran akar gigi dan penambalan sampai penggunaan antibiotik atau pencabutan gigi yang terinfeksi.

 

Jika tak dirawat, infeksi membahayakan dan menyebar ke daerah sekitar mulut : Pipi dan leher. Kondisi ini cukup serius, dan harus dilakukan pembedahan pada daerah infeksi untuk mengeluarkan nanahnya jika memungkinkan juga dapat diterapi menggunakan obat-obatan antibiotik.

 

Bila kondisi parah dan harus dirawat inap di rumah sakit. Dan ada resiko terjadinya kematian jika kondisi pasien sangat lemah, disertai komplikasi penyakit lain atau perawatan yang kurang intensif. Pada beberapa kasus, infeksi yang terjadi cukup hebat dan berlangsung cepat.

 

Infeksi dapat menyebar ke daerah lain yang vital yaitu ke daerah dada dan kepala. Bersambung……….. (Dyah Ruhmana Septiani; http://m.kompasiana.com/post/read/718448/1/ingat-gigi-berlubang-dapat-menyebabkan-kematian-.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close