Hobi danKetrampilan

Hutan yg bersatu

Cucu-cucuku, saudara-saudaraku, anak-anakku. Bagaimana kalau kita pergi ke hutan?
Ikutlah bersamaku. Lihat betapa indahnya di sini! Hutan ini penuh dengan banyak sekali keindahan yang lembut. Pohon-pohon menjulang ke atas, tinggi dan lurus, seperti bilah-bilah cahaya. Setiap pohon itu berdiri sendiri, tegak dan kuat. Tidak ada satu pun yang bengkok.

Bagaimana pohon-pohon ini tumbuh begitu subur? Dengan berdiri berdekatan satu sama lain, dan tidak membolehkan apa pun tumbuh di tengah mereka. Persatuan ini melindungi pohon itu dari unsur-unsur perusak. Meski ada banyak jenis pohon, dengan dedaunan, kuncup, bunga-bunga, dan buah-buahan dengan beragam warna dan jenis, namun pohon-pohon itu tetap bersatu meskipun ada perbedaan.

Bersama-sama mereka bisa mengusir angin, badai, dan topan. Dan jika bahan-bahan kimiawi yang beracun menimpa sebuah pohon, maka pohon-pohon lainnya akan membantu menyerap racun itu, karena mereka begitu dekat. Bahkan binatang-binatang hidup bersama dengan gembira dan damai di sini. Jika musuh menyerang, mereka bisa menyelamatkan diri dengan melompat dari pohon ke pohon.

Betapa menyenangkannya pohon-pohon ini, betapa indahnya! Masing-masing pohon tumbuh sendiri, tetapi mereka berdiri bersama-sama, yang menjadikan hutan indah dan sejuk di mata. Air hujan yang turun di sini dibagi rata karena air hujan tersebut mengguyur setiap daun. Inilah hutan yang bersatu.

Ini adalah persatuan. Kita harus berpikir tentang keindahan, kebahagiaan, dan kepuasan yang telah kita lihat hari ini di hutan. Jika umat manusia bisa hidup dalam persatuan seperti pohon-pohon ini, maka betapa gembira dan damainya kita! Jika manusia bisa tumbuh kuat dan berdiri tegak dengan sendirinya, dan bersatu dengan makhluk-makhluk lainnya, maka betapa gembira dan bebas jiwa manusia ini. Renungkanlah. (Arifin Syahbanjar)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close