Wisata dan Kuliner

Kue Legondo

Para adventurer anggota 4T grup FB ILP P2Tel yang menginap di desa Brayut bisa pesan hidangan desa yang lezat, dan bisa mencoba membuat makanan khas Brayut, klepon-legondho-getuk-legondho adalah Jajanan khas terbuat dari beras ketan yang direbus dengan santan lalu diberi isian pisang kepok dan dibungkus daun pisang. (Sadhono Hadi)

 

Legondho-legomoro adalah makanan kecil khas Kotagede untuk hajatan pernikahan. Kue sebagai hantaran pernikahan. Rasa Legondho-legomoro gurih kenyal-tidak lengket karena menggunakan santan. Penyajiannya, ketan yang matang setelah dikukus dibulatkan diberi isi lalu dibungkus daun pisang klutuk yang dibentuk khas Legondho-Legomoro yaitu segitiga memanjang.

 

Sejarahnya, Legondho leganing kondho (enaknya omongan) sebagai hidangan. Legondho biasanya berisi pisang raja yang dipotong memanjang. Sedang legomoro sama dengan legondho. Namun memiliki rasa gurih dan biasanya menggunakan ayam/sapi yang telah dihaluskan atau abon sebagai isinya. Makanan ini dinamakan legomoro karena yang senang atau lega ada yang mau datang lego sing podo moro.

 

Orang menamakan demikian karena jumlah makanan ini hanya dijumpai saat hajatan, dan yang tidak mau datang pada acara itu dikatakan tidak kebagian rezeki. (Source: pesonakotagede.comli.com dan http://assweetasdream.blogspot.com/2011/04/kuliner-khas-kotagede-1-legondho-dan.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close