Kristiani dan Hindu

Katedral Gothik hitam legam

Clermont-Ferrand Gereja antik yang terbuat batu kapur, batu granit atau marmer, seringkali dijumpai wisatawan saat traveling ke Eropa. Namun di Prancis, ada katedral gothik berwarna hitam legam. Katedral ini dibuat dari batu lahar.

Katedral ini bernama La Cathedrale de Notre-Dame de l’Assomption, di kota Clermont-Ferrand, Prancis. Orang-orang sering menyebutnya Katedral Clermont-Ferrand. Seluruh bangunannya dikonstruksi dari batu lahar hitam. Warna batu lahar yang hitam membuat katedral gotik ini terkesan menakutkan.

Masuklah ke katedral ini, dan Anda akan melihat pilar-pilar tinggi membentuk lengkungan yang menyempit, dengan kapel-kapel lebar di sisi dalam katedral. Di dalam gereja ini juga terdapat ruang paduan suara yang lebar.

Yang paling menarik dari interior katedral ini adalah kapel-kapel yang berjejer di sekitar ruang paduan suara. Di sepanjang kapel, traveler dapat melihat jendela-jendela kaca patri terbaik disertai lukisan-lukisan dinding bergaya gotik.

Di Katedral Clermont-Ferrand, traveler menemukan ruang bawah tanah berasal dari abad ke-10 di bawah lantai paduan suara. Ini merupakan satu-satunya yang tersisa dari katedral Romawi sebelumnya. Di dalamnya ada 2 dua sarkofagus indah yang berasal dari awal munculnya Kristen Clermont. Masing-masing sarkofagus berasal dari abad ke-4 dan abad ke-5.

Selain itu, di ruang bawah tanah juga terdapat lukisan dinding yang berasal dari abad ke-13. Namun lukisan ini dicat dalam gaya romantik, menggambarkan adegan dari kelahiran dan pelayanan Kristus.

Kota Clermont dikelilingi rantai gunung berapi aktif terbesar di Eropa. Salah satu kota wisata di Prancis ini memiliki banyak bangunan tua yang dibangun dari batu vulkanik. Katedral Clermont-Ferrand adalah katedral Kristen ketiga didirikan melanjutkan sisa-sisa struktur bangunan katedral Romawi sebelumnya. Fetry Wuryasti ; http://travel.detik.com/read/2013/06/11/185614/2270643/1383/katedral-di-prancis-ini-dibuat-dari-batu-lahar)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close