Kristiani dan HinduWisata dan Kuliner

Pilihan wisata reliji Natal

Liburan Natal telah tiba. Anda tidak akan melewatkannya begitu saja kan? Berikut 6 tempat pilihan wisata religi pada hari Natal yang kudus dan sukacita ini.

1. Gereja Velangkanni, Medan
Apabila mampir ke daerah Tanjung Selamat di Medan, mungkin Anda akan melihat bangunan mirip sebuah kuil India. Tapi tunggu dulu, itu bukan kuil India, melainkan Gereja Velangkanni. Bentuk gereja yang seperti kuil itu memang banyak membuat orang salah sangka.

Gereja Katolik yang bernama Graha Maria Annai Velangkani ini terbuka untuk siapa saja. Gereja yang menjadi tempat ziarah ini wujud penghormatan kepada Bunda Maria yang dilakukan masyarakat Tamil India di Velangkanni.

Pintu gerbang masuknya dihiasi rumah adat Batak Toba dan Karo. Maksudnya adalah untuk menandakan bahwa tidak ada perbedaan, terlebih gereja ini ada di Medan. Letak Gereja Velangkanni ada di Taman Sakura Indah, Jalan Sakura III No 7-10, Tanjung Selamat, Medan.

2. Gereja Katedral, Jakarta
Gereja Katedral Jakarta atau disebut juga Gereja Santa Perawan Maria yang Diangkat ke Surga, merupakan salah satu pusat keramaian Natal di Jakarta. Gereja Katedral Jakarta merupakan gereja yang kaya akan segi historis, hingga desainnya yang bergaya Gotik.

Perayaan Misa malam Natal di Gereja Katedral Jakarta terkenal paling meriah. Peristiwa kelahiran Yesus pun ditunjukkan dengan kehadiran palung yang khusus dibuat. Selain itu terdapat juga Museum Katedral yang menyimpan berbagai relik penting, namun tetutup karena renovasi.

3. Patung Yesus Memberkati, Manado
Jika Brasil punya patung Yesus ‘Christo Redentor’ di Rio de Janeiro, maka Indonesia juga punya Patung Yesus Memberkati di Manado, Sulut. Patung Yesus Memberkati merupakan salah satu landmark religius di Manado. Patung Yesus tersebut berdiri sambil merentangkan tangan, seolah memberkati.

Patung Yesus Memberkati punya tinggi 50 meter dari permukaan tanah, serta terbuat dari 25 ton besi fibre dan 35 ton besi baja. Patung tersebut berdiri di atas sebuah bukit di daerah perumahan Citraland Manado. Menjelang Natal, patung ini ramai diziarahi.

4. Gua Maria Tritis, Gunungkidul
Daerah Gunungkidul memang terkenal akan wisata gua, salah satunya adalah keberadaan Gua Maria Tritis. Uniknya, Gua Maria Tritis dahulu dianggap angker. Adapun setelah disulap menjadi gua Maria, banyak peziarah yang datang ke sini.

Sejarahnya, tahun 1974 menjelang Natal, Romo Hardjosudarmo SJ yang terbiasa membuat gua Maria dari kertas, mendengar ide keberadaan gua angker dari muridnya. Bukannya takut, Sang Romo tertarik dan menjadikannya gua Maria. Nama Tritis diambil dari ungkapan Jawa akan air yang menetes.

5. Patung Bunda Maria Nilo, Maumere
Indonesia tidak hanya punya patung Yesus berukuran besar di Manado, tapi juga patung Bunda Maria di Nilo, Maumere. Saking populernya, masyarakat sekitar dan wisatawan menyebutnya dengan nama Patung Bunda Maria Nilo, mengikuti nama bukit tempat patung tersebut berdiri.

Adapun nama asli patung tersebut adalah Patung Maria Bunda Segala Bangsa. Patung Maria tersebut memiliki tinggi 28 meter dan terlihat jelas dari Kota Maumere dan Laut Flores. Tidak jauh dari situ, bahkan terdapat Bukit Golgota dengan Salib Yesus di puncaknya.

6. Lembah Karmel Cipanas, Cianjur
Lembah Karmel di Cipanas jadi destinasi wisata religius terakhir untuk Natal ini. Aslinya, Lembah Karmel Cipanas merupakan tempet retret yang dikelola Ordo Carmelite Santae Eliae (CSE) dan Putri Karmel (P. Karm). Menjelang Natal, tidak sedikit yang menyepi atau retret ke Lembah Karmel.

Udara sejuk dan alam hijau, jadi alasan bagi banyak orang untuk datang ke sini. Lembah karmel ibaratnya oase bagi umat Nasrani yang merindukan ketenangan dan kedamaian batin. (Sumber : detik
http://www.jawaban.com/read/article/id/2014/12/25/92/141218210427/6-Tempat-Pilihan-Wisata-Religi-Natal-Ini)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close