Wisata dan Kuliner

Off Road Di Gunung Lawu Pacu Adrenalin Di Jalan Miring

(radarsolo.jawapos.com)-Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar terkenal keindahan alamnya karena di lereng Gunung Lawu. Sesekali cobalah menjelajahi pesonanya dengan off road. Ada sensasi berbeda yang diperoleh.

 

DUA puluh kendaraan roda-4 jenis Jeep, Suzuki Jimny dan Jimny Jangkrik terpakir di Terminal Wisata Ngargoyoso Desa Kemuning. Mobil bermesin dobel gardan itu siap mengangkut wisatawan yang akan ikut off road dengan rute Kemuning ke Segorogunung. Wartawan Jawa Pos Radar Solo mendapat kesempatan mengikuti mereka pada 29/2/20.

 

Setelah semua kendaraan terisi, perjalanan dimulai. Lintasan yang ditempuh 10-15 Km. Start dimulai dari terminal Wisata Ngargoyoso menyusuri Kebun Teh Kemuning. Saat masuk area kebun teh, melintasi jalanan batu yang tertumpuk rapi. Di kanan dan kiri, terlihat hamparan luas kebun teh yang indah. Bonus pemandangannya jika tertutup kabut dengan hawa dingin di kaki pegunungan.

 

Setelah perjalanan 4 km dari kebun teh, kami berhenti sejenak di Lapangan landing Paralayang untuk foto selfie bersama menikmati pemandangan savana. Perbukitan kebun teh yang hijau terlihat jelas.

 

Setelah berhenti 15 menit, lanjut menuju Bumi Perkemahan Segorogunung. Bedanya bebatuan terjal terganti mulusnya jalan cor hingga tiba di bukit paralayang. Di sana, ada kedai kopi dengan fasilitas hotspot wifi berbayar. Kami nikmati kopi dengan pemandangan tempat lepas landas paralayang.

 

Setelah 30 menit ngopi, perjalanan lanjut melewati hutan pinus. Jalan yang dilalui  becek dan lengket. Di sana, wisatawan diajak menanam pohon untuk mendukung penghijauan lahan. Ada 3 jenis mulai dari Damar, Kayu manis, serta Cemara. Lalu dilanjutkan ke lapangan Bumi Perkemahan Segorogunung, melintasi pertanian sayur dengan kecepatan 50 Km/jam.

 

Kami dibuat basah olehnya. Rutenya miring membuat adrenalin semakin terpacu. Driver teriak melewati rute dengan gimik agar penumpang merasakan pacuan adrenalin yang luar biasa. Hingga akhirnya kami tiba di Candi Sukuh.

 

Ketua Segorogunung Adventure, Eko Wahyudi mengatakan, komunitas ini dilirik wisatawan yang ingin merasakan sensasi off road di Gunung Lawu. Anggotanya berlatar belakang profesi yang berbeda-beda. Ada yang petani, PNS, serta wiraswasta.

 

”Awalnya untuk menyalurkan hobi, tapi kini melayani permintaan untuk wisatawan,” jelasnya. Eko mengatakan, butuh keahlian khusus jadi sopir off-road. Pihaknya mengadakan pelatihan khusus driver.

 

”Untuk skill mengemudi kami uji dulu kelayakannya dengan melibatkan beberapa senior off road. Juga pelatihan khususnya tentang guide dari pihak Disparpora Karanganyar,” ungkapnya.

 

Pasalnya, jalur yang dilalui tidak datar  mulus, melainkan jalan berliku-liku dan naik turun dengan posisi curam, tanjakan ekstrem, serta berasa di sisi tebing atau jurang. Juga melintasi jalan berlumpur pekat.

 

(ryn/adi; rs/adi/per/JPR; Editor : Perdana; Bahan dari : https://radarsolo.jawapos.com/read/2020/04/05/187245/serunya-off-road-di-gunung-lawu-pacu-adrenalin-di-jalan-miring)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close