Psikologi

Otak bisa jadi Jenius

Otak adalah komponen utama dalam berpikir, makin jenius otak maka semakin baik hasil pikirannya. Otak jenius bukan hasil keturunan (genetika), melainkan hasil kerja keras. Tahukah anda siapa Bill Gates? Dia pemilik dari microsoft yang kaya dan populer serta satu dari beberapa orang jenius di dunia.

 

Dia tidak terlahir dari keturunan jenius. Bill Gates jadi jenius karena ia berusaha dan bekerja keras untuk memahami dan menguasai apa yang ia minati. Jika banyak orang mengatakan otak jenius adalah faktor bawaan, maka Bill Gates dan orang-orang jenius mengatakan bahwa jenius adalah buah dari kerja keras.

Kemauan yang kuat akan mendorong anda untuk menguasai bidang yang anda minati, karena pada dasarnya orang yang jenius adalah orang yang menguasai apa yang menjadi bidangnya. Jadi setiap bidang pasti mempunyai orang-orang yang jenius, meski jumlahnya sangat kecil.

 

Jumlah orang jenius hanya 2% dari jumlah populasi manusia. Orang jenius selalu berusaha menjadi jenius dalam bidang yang diminatinya. Caranya dengan kemauan-kerja keras yang tidak pernah berhenti. Bagi anda yang ingin mempunyai otak yang jenius, jangan hanya bermimpi tetapi raihlah mimpi itu.

 

Rahasia Agar Otak Menjadi Jenius, berikut tips yang dapat membantu anda ber-otak yang jenius.

1. Keyakinan bahwa anda bisa

Jika anda mencoba melakukan sesuatu yang baru dan beberapa kali gagal, kemudian anda katakan         “sepertinya saya tidak mampu,” maka sebenarnya bukan karena anda tidak mampu, tetapi karena anda tidak percaya dengan kemampuan diri anda sendiri.

 

Ketidakpercayaan kemampuan diri itulah yang  direspon otak dan menyesuaikan dengan kepercayaan itu. Ini berarti otak bekerja makin baik jika anda berkeyakinan terhadap kemampuan anda. Gagal itu pasti, tetapi kerja keras-kemauan itu wajib. Percayalah dengan kemampuan anda agar otak merespon demikian.

 

2. Konsumsi makanan yang baik untuk perkembangan otak

Otak punya makanan khusus yang harus dicukupi, itu pun jika anda ingin berotak yang jenius. Pada dasarnya makan dalam porsi yang pas dan teratur membuat kinerja otak semakin tajam dan mampu meningkatkan kejeniusan otak . Alangkah baiknya anda makan secukupnya dengan jadwal teratur.

 

Yang tidak kalah pentingnya adalah mengenai kandungan nutrisi dari makanan yang anda konsumsi. Konsumsilah makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk perkembangan otak, omega 3 misalnya. Omega 3 mempunyai fungsi untuk menjaga fungsi otak dan meningkatkan ketajaman otak.

 

Omega 3 adalah asam lemak yang tak bisa diproduksi tubuh secara mandiri, itu berarti anda harus mencari asam lemak omega 3 ini dari makanan. Ikan salmon mengandung omega 3 yang tinggi, selain itu omega 3 terdapat dalam kacang-kacangan dan biji-bijian, meski kandungannya tidak sebanyak yang ada di dalam ikan salmon.

 

3. Tidur yang cukup

Otak kita menjadi sangat aktif selama kita tidur, dan dalam suatu periode tertentu ketika otak kita sangat aktif ketika tidur, otak kita akan menjadi lebih aktif lagi dalam mempersepsi hal-hal yang kita pelajari sebelum tidur. Tidur sangat baik bagi perkembangan-kemampuan otak, terutama dalam hal memori.

 

Ketika tidur otak manusia secara aktif mencoba mengolah data secara kognitif logis mengenai hal-hal apa yang sedang mereka kerjakan dan mengintegrasikannya dengan hal-hal yang sudah ada di memori otak. Jadi biasakanlah untuk belajar sebelum tidur, atau tidurlah setelah belajar.

 

Tidur yang  baik untuk perkembangan otak adalah tidur selama 6-8 jam dalam satu malam. Jika tidur anda kurang dari 6-8 jam dan lebih dari itu, maka itu justru melemahkan otak anda. Maka mulailah tidur dengan teratur dan dengan durasi yang tepat, itu akan sangat berpengaruh positif pada apa yang anda pelajari.

 

4. Menjaga kebugaran tubuh

Mensana in corpresano, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Itu menggambarkan  pentingnya kebugaran tubuh bagi perkembangan otak anda. Jika kondisi tubuh bugar, maka otak anda akan lebih tajam, begitu juga sebaliknya. Untuk mendapatkan tubuh bugar, anda bisa ber-OR k rutin, misalnya joging dan bersepeda tiap pagi. Banyak aktivitas fisik  meningkatkan daya berpikir otak anda.

 

5. Lakukan meditasi

Meditasi dilakukan untuk menenangkan pikiran dan melatih konsentrasi manusia. Hal ini menjadi dasar untuk mencoba melakukan meditasi agar kemampuan otak anda menjadi lebih tajam dan meningkatkan konsentrasi. Otak yang terkonsentrasi dan tenang akan mampu bekerja lebih cepat dan akurat.

 

6. Bermain

Bermain tidak berpengaruh buruk bagi otak, selama permainan itu meningkatkan kemampuan otak dan tidak terlalu lama. Justru permainan yang positif ini mampu membantu anda memiliki otak yang jenius. Sebut saja Albert Einstein dan Bill Gates, mereka berdua selalu menyediakan waktu untuk bermain.

 

Permainan yang baik bagi perkembangan otak misalnya permainan strategi / puzzle, karena permainan strategi mampu melatih otak anda untuk bekerja secara cepat-tepat. Meski bermain dalam durasi yang lama tidak baik bagi otak anda. Lama waktu bermain yang ideal adalah 1 jam dalam satu hari.

 

7. Belajar dengan tekun

Belajar adalah syarat utama menjadi jenius. Belajar adalah aktivitas memahami  satu atau beberapa bidang ilmu dan meningkatkan potensi diri. Belajar sesuatu yang baru lebih baik bagi perkembangan otak anda, karena otak akan merekam sesuatu yang baru sehingga akan menambah luas wawasan anda. Semakin banyak pengetahuan seseoarang, maka akan semakin jenius orang tersebut. Jangan sampai anda malas belajar jika anda ingin menjadi jenius.

 

Anda tidak akan memiliki otak jenius selama anda tidak mau berusaha keras dan mempunyai kemauan yang tinggi. Mencoba dan terus mencoba adalah kunci dari keberhasilan. (http://www.constiti.com/2013/05/rahasia-agar-otak-menjadi-jenius.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close