Psikologi

Lupis kue manis

Kue lupis atau lopis, jajanan pasar ini populer didaerah Jawa. Kue lupis manis ini diolah dari bahan dasar beras ketan, diberi taburan kelapa parut lalu diberi larutan gula aren diatasnya.  Cara membuat dan resep yang dibutuhkan membuat kue lupis sebagai berikut :

Bahan-bahan :

1. 400 gram beras ketan (bersihkan lalu rendam kurang lebih selama 1 jam).
2. 250 gram kelapa parut.
3. 2 lembar daun pandan ukuran 20 cm kemudian ikat simpul.

4. ¼ sdt garam halus.
5. ½ sdm air kapur sirih.
6. Daun pisang serta tali untuk pembungkus.

Larutan gula :

1. 350 gram gula aren (sisir halus).
2. 300 ml air matang.

Cara membuat :

  • Tuangkan ½ sendok makan air kapur sirih dalam beras ketan yang direndam, aduk merata.
  • Ambil selembar daun pisang lalu bentuk segitiga atau berbetuk bangun ruang lupis. Isi daun pisang itu dengan beras ketan. Kemudian ikat tiap bagian ujungnya dengan tali agar tetap rapat. Lakukan untuk setiap lembaran daun hingga beras ketan habis.

 

  • Setelah semua beras ketan terbungkus, kukus beras ketan hingga benar-benar matang.
  • Untuk membuat taburan kelapa, mula-mula kukus kelapa parut bersama garam serta daun pandan kurang lebih 10-15 menit, lalu tiriskan dan dinginkan.

 

  • Membuat larutan gula, rebus air dengan gula aren hingga jadi larutan gula kental. Angkat dan dinginkan larutan gula itu.
  • Penyajian kue lupisnya, buka pembungkus kue lupis dari daun pisang, taruh diatas piring saji. Selanjutnya taburi kue lupis dengan kelapa parut lalu tuangkan pula larutan gula diatasnya.

 

Kue lupis ini nikmat disantap bersama teh hangat sebagai hidangan sarapan. Semoga resep dan cara membuat kue lupis manis khas Indonesia ini dapat membantu untuk membuat sajian yang lezat dirumah anda. (http://kulinerbee.blogspot.com/2013/08/resep-dan-cara-membuat-kue-lupis-manis.html#sthash.I97h29ei.dpuf;  dan http://kulinerbee.blogspot.com/2013/08/resep-dan-cara-membuat-kue-lupis-manis.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close