Wisata dan Kuliner

Daya-tarik pantai Pagatan Kalsel

(Berita Daerah – Kalimantan) Bagi yang tinggal di Banjarmasin, pasti tidak asing dengan Pagatan, salah satu pantai di kalimantan (kecamatan Kusam Hilir kabupaten Tanah Bambu). Pantai ini tidak kalah istimewa dengan pantai lain. Pagatan berombak kecil, panorama laut biru indah, pohon kelapa dan angin sepoi-sepoi.

 

Pantai ini punya acara ritual khas nelayan bugis (Maccera tasi atau pesta laut). Pesta ini dilaksanakan bulan April. Pesta laut adalah ungkapan syukur dari hasil laut yang melimpah, serta mohon perlindungan selama melaut. Upacara ini meliputi : Melabuhkan sesajen yang sebelumnya di bacakan sejenis mantra ke tengah laut.

 

Acara ini di meriahkan atraksi musik dan tarian2 tradisional. Puncaknya dimeriahkan kapal nelayan berhias menuju ketengah laut. Selain itu, selama hampir tiga minggu, kota Pagatan tiap sore-malamnya sejak dibuka hingga ditutupnya pesta adat nelayan pagatan terdapat pasar malam.

 

pantai pagatanPantai pasir putih dan laut yang biru, tidak hanya ada di Bali. Di Pantai Pagatan matahari terbit dengan menakjubkan. Letaknya tak jauh dari Bandara Syamsudin Noor, ± 285 km. Keindahan pantainya terlihat jika berjalan dari arah Banjarmasin-Kotabaru. Pantai ini terletak di samping jalan utama Trans Kalimantan.

 

Keindahan jelas terpancar terutama saat pagi hari, semburat cahaya mentari pagi melukiskan tinta emas di langit. Pada sore hari pun kawasan ini tampak ramai oleh pasangan muda-mudi yang ingin menikmati angin pantai dan suara deburan ombak yang tenang.

 

Makin bertambahnya pengunjung, membuat pengelola berbenah. Saat ini, ada pembenahan, seperti dibuatnya bangunan siring, pengaturan warung, shelter, camping ground, serta sewa pancing. (Nolianto Ananda/EA/bd; http://beritadaerah.com/2013/08/28/keindahan-pasir-putih-pantai-pagatan-di-banjarmasin/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close