Wisata dan Kuliner

Begini Cara Simpan Minyak Goreng Bekas Agar Bisa Digunakan Lagi

(intisari.grid.id)- Kebutuhan Minyak Goreng tinggi untuk menyajikan aneka masakan enak bagi keluarga. Seringkali Minyak Goreng yang digunakan diletakan begitu saja. Hal ini membuat Minyak Goreng jadi mudah bau.

 

Simaklah tips menyimpan Minyak Goreng bekas agar tak mudah bau. Menggoreng itu proses memasak tersering kita lakukan di rumah. Prosesnya mudah dan makanan yang dihasilkan lezat dan bertekstur renyah.  Itu sebabnya, banyak Ibu rumah tangga pusing kalau harga minyak goreng naik. Supermarket yang jual promo minyak pasti diserbu demi 2 bungkus minyak untuk persediaan di rumah.

 

Harga minyak yang fluktuatif ini juga yang membuat banyak ibu rumah tangga menggunakan minyak yang sama berulang kali.

 

Bisa dibilang ini langkah pengehematan.

Nah untuk mendukung langkah penghematan anda, berikut kami berikan aneka cara membersihkan minyak yang praktis dan pasti bisa dilakukan di rumah.

 

Membersihkan Minyak Goreng bekas pakai

Setelah menggoreng aneka bahan, minyak berubah warna dan mengandung aneka serpihan bekas makanan. Pastikan tuang minyak ke saringan halus sebelum disimpan. Cara ini membuat minyak kembali bersih dan tidak berbau tengik. Jangan lupa simpan minyak di wadah yang bertutup agar tidak ada kotoran yang masuk ke dalamnya.

 

Membersihkan Minyak bekas menggoreng tepung

Setelah menggoreng ayam goreng tepung, minyak goreng biasanya jadi kental dan berwarna keputihan. Minyak seperti ini sudah tercampur tepung sehingga akan jadi cepat gosong jika digoreng kembali.

 

Cara membersihkannya, diamkan dulu minyak selama semalaman. Nantinya tepung akan mengendap di bawah permukaan minyak. Gunakan saja bagian minyak yang jernih di atasnya dan buang endapan.

Setelah itu, minyak siap digunakan kembali.

 

Menghilangkan bau pada minyak

Minyak menyerap bau, apalagi jika habis menggoreng ikan asin atau ayam kuning. Baunya berubah. Kalau kita tetap ingin menggunakannya, bisa-bisa saja. Panaskan minyak lalu masukkan beberapa batang serai yang telah dimemarkan. Biarkan sampai layu. Minyak goreng kita akan berkurang baunya.

 

Nah tips di atas bisa ampuh membuat minyak bekas bebas bau sehingga makanan jadi lebih lezat. Namun, walau bisa dibersihkan kembali, tapi minyak sebaiknya tidak digunakan lebih dari 3 kali karena kandungan lemak jenuhnya sudah berlebihan.  Jadi selalu bijaklah dalam menggunakan minyak kita di rumah ya.

 

(Sajian Sedap/Raka; Berita ini telah tayang di Sajian Sedap berjudul Cara menyimpan minyak goreng bekas agar tidak mudah bau, jadi gampang untuk dipakai masak lagi; Muflika Nur Fuaddah; Bahan dari : https://intisari.grid.id/amp/032239932/jangan-sampai-bau-begini-cara-simpan-minyak-goreng-bekas-agar-bisa-digunakan-memasak-lagi?page=all)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close