Wisata dan Kuliner

Bergaya China-Eropa masjid ini

Palembang Hampir tiap kota punya masjid kebanggaan. Di Palembang ada masjid berarsitektur perpaduan Eropa-China. Tembok tinggi dan ujung atap mirip kelenteng. Itulah Masjid Agung Palembang. Dengan mayoritas memeluk agama Islam, maka tak sulit cari masjid jika kita berwisata.

 

Tiap masjid berarsitektur unik atau bernilai sejarah. Kalau melancong ke Palembang, cobalah datangi Masjid Agung yang jadi kebanggaan masyarakatnya. Cuaca di Palembang saat itu terik. Waktu itu pukul 15.00 WIB, ketika detikTravel melangkahkan dari Plaza Benteng Kuto Besak ke Masjid Agung Palembang. Saya penasaran dengan Masjid ini.

Masjid agung Palemban-1Masjid Agung Palembang terkenal Gaya arsitekturnya perpaduan antara Eropa dan China. Tak heran, Palembang diyakini tempat Kerajaan Sriwijaya abad ke-6 yang sering didatangi saudagar Eropa atau China. Masjid Agung ini di pusat Kota Palembang atau 5 menit berjalan kaki dari Plaza Benteng Kuto Besak. Tak usah takut kesasar, masyarakatnya ramah dan bakal menunjukan arah masjidnya dan banyak papan petunjuk arah.

Setibanya di Masjid ini, rasa kagum makin menjadi. Tampak luar, Masjid Agung itu tidak seperti masjid lain yang pernah saya datangi di Indonesia. Awalnya tak menyangka kalau di depan mata ini adalah bangunan masjid. Masjid ini mirip peninggalan Belanda, yaitu luas dan bertembok ukuran besar. Tak hanya itu, bagian belakang masjid ada kaca ukuran besar seperti peninggalan Belanda misalnya Lawang Sewu atau Museum Fatahillah. Masjid ini didirikan abad ke-18 oleh Sultan Mahmud Badaruddin Jaya Wikrama. Kapasitasnya hingga 15 ribu jamaah. Masih di depan masjidnya, terdapat kolam air mancur dan pepohonan yang rindang.

Gaya arsitektur China terlihat jelas saat saya memandangi atapnya. Jika biasanya atap-atap masjid berupa kubah, maka Masjid Agung Palembang hanya berbentuk genteng biasa dan ujung atapnya memiliki runcing yang mirip dengan bangunan klenteng.

Pesona Masjid Agung Palembang selanjutnya juga terlihat saat saya melangkahkan kaki ke bagian dalamnya. Di sana terdapat tiang-tiang dengan lapisan cat emas. Suasana di dalam masjidnya pun sangat tenang dan sejuk, membuat siapa saja dapat beribadah dengan khusyuk di sini.

“Ini masjid kebanggan masyarakat yang bersejarah. Kalau Sholat Ied bakal ramai sampai ke jalan,” ujar salah satu penjaga sandal di Masjid Agung. Masjid Agung Palembang rasanya wajib Anda singgahi kalau berlibur ke Palembang. Siapkan kamera, karena Anda bebas berfoto. Ingat jaga ketertiban dan hargai yang sedang beribadah (http://travel.detik.com/read/2013/12/24/084117/2450190/1519/masjid-agung-palembang-paduan-gaya-eropa-dan-china)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close