Wisata dan Kuliner

Menikmati pantai Apparalang Sulawesi Selatan

Wisata pantai di Prop-Sulawesi Selatan pasti banyak yang cuman mengenal Pantai Tanjung Bira karena terkenal kecantikan alam pantainya. Namun tidak jauh dari Tanjung Bira terdapat pantai yang eksotis dan tidak kalah indahnya ada sebuah pantai yang dinamakan Pantai Apparalang.

 

Obyek Wisata

Pantai Apparalang tidak seperti pantai biasanya. Pantai ini berada dibalik tebing bebatuan. Keindahan dari atas tebing memamerkan perpaduan keindahan antara biru air laut, karang2 di antara air laut dan batuan dinding yang menjulang tinggi membuat keindahan yang disayangkan kalau tidak dijelajahi.

 

gazebo-pantai-apparalang-bulukumba-sulawesi-selatan-2Belum seterkenal Pantai Tanjung Bira, karena pantai Apparalang ini tergolong pantai yang baru dan masih sedikit pelancong yang tahu. Pada hari biasa pantai ini akan sepi terkadang hanya kita temui pelancong pemancing yang menghabiskan waktu dengan hobi mancing mereka.

 

Dan hari itu cocok sebagai acara menenangkan pikiran sembari menikmati keindahan pantai. Walau berada diantara bukit, pelancong tetap bisa merasakan kesegaran air lautnya. Dari area parkir pantai kita akan disuguhkan sebuah  lahan tanah yang tidak begitu luas dan berada diatas bukit.

 

Di area itu kita menemukan bangunan2 gazeba yang dibangun untuk tempat pelancong menikmati keindahan pantai dari atas, sebagian ada yang beristirahat atau bercengkrama diatas batuan karang besar semabri menikmati hembusan angin laut.

 

Di Pantai Apparalang ini pengelola menyediakan anjungan yang terbuat dari kayu memfasilitasi pengunjung yang ingin merasakan lebih dekat. Air laut yang bersih biru dan bening ini menggoda kita untuk segera berenang di kesegaran air laut. Kadang kita temukan anak2 penduduk lokal sekitaran pantai yang melompat terjun dari anjungan ke air. Pelancongpun bisa merasakan sensasi yang sama.

 

Lokasi

Pantai Apparalang terletak di Desa Ara, Kec-Bontobahari Kab-Bulukumba, Sulawesi Selatan.

 

Akses

Dengan berkendaraan bermotor selama 20 menit dari arah Pantai Tanjung Bira dan atau 60 menit dari pusat ibukota Kabupaten Bulukumba.Kawasan pantai yang berjarak sekitar 200 KM dari Kota Makassar ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor selama 30 menit perjalanan darat.

 

Selain itu, pantai Apparalang juga dimungkinkan diakses dengan angkutan umum antar daerah bertarif variatif 45-55 Ribu rupiah / penumpang. Disarankan menggunakan transportasi pribadi. Karena pantai ini belum dilewati transportasi umum. Walau dilewati pun Cuma sampai ke Desa Ara dan dilanjutkan jalan kaki yang jauh.

 

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas di pantai ini belum terbilang lengkap. Hanya ada gazebo peristirahatan,kamar kecil, dan area parkir yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Untuk penginapan bisa didapatkan di Kota Bulukumba.

Indeks istilah umum: apparalang bulukumba, apparalang, pantai apparalang, latar belakang pantai apparalang, tebing appAralang e. (Benyamin Kaisiepo; dari grup FB-ILP; sumber dari : http://www.gocelebes.com/pesona-pantai-apparalang-sulawesi-selatan-yang-tersembunyi/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close