Wisata dan Kuliner

8 Ikon Kota Malang Wajib Disinggahi(2/2)

(merdeka.com)- 4-Jalan Kayutangan

Jalan kayutangan merupakan jalan di kota Malang yang punya penampilan khas dan mudah diingat oleh orang.

 

Berada dekat dengan alun-alun dan merupakan salah satu jalan poros di Malang, wilayah ini  disukai karena memiliki beberapa bangunan lawas serta nuansanya yang sangat khas.

 

Walau saat ini sudah banyak bangunan kuno tersebut yang berubah bentuk dan dihancurkan, namun jalan ini masih memiliki daya tarik dari bentuk jalan serta sisa-sisa arsitektur peninggalan Belanda yang masih bertahan.

 

5-Stasiun Kota Baru

 

Lokasi ikonik selanjutnya dari kota Malang adalah stasiun Kota Baru. Stasiun kereta api utama milik kota Malang ini memiliki bentuk bangunan yang sangat unik dan mudah diingat.

 

Selain itu lokasinya yang berhadapan langsung dengan Alun-Alun Tugu membuatnya mudah diingat dan merupakan gerbang masuk kota Malang yang cukup menawan.

 

6-Patung Singa Taman Trunojoyo

 

Menyeberang dari Stasiun Kota Baru, pelancong bakal disambut tiga patung singa yang jadi penanda Taman Trunojoyo.

 

Tiga patung singa berukuran raksasa ini merupakan simbol persatuan tiga kepala daerah yang menaungi kota Malang, yaitu wali kota Malang, wali kota Batu, dan bupati Malang.

 

Patung ini cukup populer di antara warga lokal maupun wisatawan. Biasanya kerap dijadikan latar foto.

 

7-Monumen Juang-45

 

Tepat di seberang Stasiun Kota Baru ada sebuah patung raksasa berwarna tembaga yang tampak mencolok. Inilah Monumen Juang 45 yang lebih populer dengan julukan Patung Buto.

 

Patung buto dikelilingi relief adegan yang menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan. Di sekitarnya terdapat kolam kecil.

 

Patung ini kerap menjadi titik berkumpulnya berbagai komunitas anak muda di Malang.

 

8 Patung Pahlawan

Patung Pahlawan Trip yang masih satu kawasan dengan Jalan Ijen juga cukup menonjol bagi para wisatawan. Terletak di pangkal Jalan Pahlawan Trip, patung dua pemuda berpakaian militer ini merupakan penanda Monumen Pahlawan TRIP yang berada di belakangnya.

 

Monumen Pahlawan TRIP sendiri merupakan kuburan massal sekaligus tugu peringatan yang dibangun untuk mengenang peristiwa gugurnya 35 pahlawan TRIP (Tentara Republik Indonesia Pelajar) terjadi pada masa Agresi Militer I.

 

(Rizky Wahyu Permana; Tantri Setyorin; tsri; Bahan dari : https://www.merdeka.com/gaya/8-ikon-kota-malang-yang-wajib-disinggahi.html)-FatchurR * Tamat…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close