Wisata dan Kuliner

Empat Rekomendasi Mie Kocok Di Bandung(2/2)

(ayobandung.com)-LENGKONG; 2-Mie Kocok SKM

Mie kocok lainnya yang wajib dicoba adalah Mie Kocok SKM yang berlokasi di Jalan Sunda No.38, Kebon Pisang, Sumur Bandung. Kedai mie kocok ini sudah ada sejak 1970-an.

 

Mie Kocok SKM saat ini dikelola oleh generasi kedua. Pendirinya, Sukirman, sudah meninggal dunia sehingga usahanya diteruskan oleh anaknya, Ponijah.

 

Nama SKM diambil dari nama Sukirman. Mie kocok ini memiliki ciri khas  yakni kuahnya yang berwarna kekuningan. Warna itu berasal dari rempah-rempah yang digunakan. Bahkan Mie Kocok SKM sering juga disebut soto mie kocok.

 

Kaki sapi yang digunakan dalam mie kocok ini direbus dengan terlebih dahulu dibelah dua agar sumsumnya bercampur dengan kaldu.

 

3- Mie Kocok Mang  Dadeng

Salah satu kedai mie kocok terkenal di Bandung adalah Mie Kocok ‘Mang Dadeng’ yang berada di Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan atau Jalan Banteng No. 67, Turangga, Lengkong, Kota Bandung.

Mulai dikenal sejak 1960-an, usaha mie kocok tersebut kini telah dikelola oleh generasi ketiga, putra Mang Dadeng, yakni Deni, anak sulung dari tujuh bersaudara.

 

Sajian satu mangkuk besar Mi Kocok ‘Mang Dadeng’ yang laris manis ini terdiri dari mi kuning gepeng, tauge segar, urat, kikil sapi, potongan tulang kaki sapi, seledri, daun bawang, bawang goreng dan jeruk nipis beserta kuah kaldu sapi yang gurih.

 

Yang membuat berbeda, sajian mi kocok ini adalah terletak di kualitas kikil yang disajikan dengan sangat empuk, kenyal, dan tebal.

 

4- Mie Kocok Cepay

Mie kocok legendaris lainnya adalah Mie Kocok Cepay. Haji Mamat, pengelolanya, meneruskan usaha mie kocok ayahnya yang telah berdiri sejak 1979. Ciri khas dari mie kocok ini adalah cara memasaknya yang langsung menggunakan arang.

 

Cara penyajiannya pun terbilang unik. Mie dan tauge disimpan di dalam bak mie dengan menggunakan alas daun yang kemudian dimasukkan ke dalam kocokan. Lalu dimasukkan ke dalam buleng dan disajikan di mangkuk bersama kikil dan kaki sapi.

 

(Reporter/Editor : Fira Nursyabani; Bahan dari : https://ayobandung.com/read/2020/09/29/135594/4-rekomendasi-mie-kocok-enak-di-bandung)-FatchurR * Tamat…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close