Wisata dan Kuliner

Es Tansu nikmat dari Payakumbuh

Payakumbuh – Ketan biasa diolah jadi makanan tradisional berupa kue basah. Rico, seorang warga Payakumbuh, Sumatera Barat, berkreasi dengan ketan dengan mengolahnya menjadi makanan enak dan kekinian, yaitu ketan susu es yang ia namai Tansu Om Chenk.

 

“Berawal dari ikut-ikutan teman di Jawa membuat Ketan Susu (Tansu) saya juga membuka toko kecil-kecilan di daerah dengan menu dan resep yang berbeda,” kata Rico, pencipta Tansudin, di Payakumbuh, Minggu (11/10).

 

Ia mengatakan, Tansu memang sudah banyak di produksi di daerah lain seperti Jakarta dan Yogjakarta, akan tetapi Tansu memiliki resep yang berbeda dari Tansu daerah lainnya. Menurut Rico, Tansu di daerah Jawa biasanya memakai tempe mendoan, sedangkan Tansudin menggunakan ketan susu yang dicampur dengan es.

 

Proses pembuatannya ternyata memakan waktu lama. Ketan direndam dulu hingga delapan jam, kemudian dikukus lalu disajikan menggunakan susu dan parutan es serta ditaburi coklat, keju, coco chip dan sebagainya.

 

“Kami memberi sajian dengan aneka toping untuk menarik pelanggan,” ujar pemilik Tansu Om Chenk ini.

Ia menyebutkkn, Tansu Om Chenk memiliki beberapa variasi sehingga pelanggan dapat memilih rasa sesuai selera diantaranya Tansu keju cokelat, Tansu keju green ice, Tansu meises, Tansu keju cokelat, Tansu cokelat vanila ice, Tansu keju cokelat vanila, Tansu keju vanila ice, Tansu keju Chococrunck dan Tansu cokelat chococrunck.

 

“Ketan susu yang dicampur es menjadi daya tarik pembeli, tidak hanya kaula muda ibu-ibu bapak-bapak anak-anak bahkan ustaz juga sering makan disini,” katanya.

 

Beroperasi mulai dari pukul 17.00 WIB sampai malam dan jumlah pelanggan yang datang setiap harinya mencapai 100 orang per hari. Harga satu porsi Tansudin cukup terjangkau yaitu Rp 10.000 per porsi.

Salah seorang pembeli Dela (23) mengatakan, suka membeli Tansu Om Chenk karena rasanya yang enak lalu es parut yang sejuk, banyak pilihan rasa, kemudian ketannya lembut.

 

“Menurut saya tansu ini merupakan jajanan mengenyangkan sekaligus unik,” katanya. (/MUT; Antara dan http://m.beritasatu.com/kuliner/313543-es-ketan-susu-sajian-nikmat-di-payakumbuh.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close