Iptek dan Lingk. HidupWisata dan Kuliner

Mandi bersama Jelang Ramadhan di Sumatra Barat

Tradisi mandi bersama menyongsong bulan suci ramadhan, juga dilakukan di Padang Sumatera Barat. Tradisi yang dikenal dengan Balimau atau mandi limau ini, dilakukan warga di beberapa tempat pemandian umum.
Seperti Pemandian Air Dingin Lubuk Minturun, Lubuk Peraku, Pantai Padang, dan Danau Singkarak, yang terdapat di Kab-Solok dan Kab-Tanahdatar. Ada yang datang bersama keluarganya, bersama teman-teman maupun berpasang-pasangan.

mandi limau Padang-1Balimau merupakan tradisi khas di Minangkabau, Sumatera Barat (Sumbar). Kegiatan ini diyakini sebagai bentuk penyucian diri sebelum berpuasa sebulan penuh dan biasanya dilakukan dengan menggunakan limau atau jeruk nipis untuk membersihkan badan. Bagi sebagai warga, kegiatan ini menjadi wajib dilakukan menjelang masuknya bulan suci ramadhan.
Namun kini, limau sudah jarang dipakai dan berganti dengan sabun atau shampoo. Biasanya, prosesi balimau tersebut berakhir menyusul tenggelamnya sang surya di ufuk timur atau menjelang azan magrib tiba. Tidak ada yang tahu kapan persisnya tradisi ini dimulai.
Yang pasti selama tidak ada larangan untuk kegiatan ini, maka balimau akan terus menjadi tradisi di Sumatera Barat. (Sudaryono, Yohardi Y/Idh; http://www.indosiar.com/ragam/tradisi-mandi-bersama-sambut-ramadhan_21319.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close