Wisata dan Kuliner

Menikmati Danau Belibis di Tayan Cantik di Sanggau di Kalimantan Barat

(Cuplikan dari :celebes.co)-Danau Belibis Tayan salah satu destinasi wisata yang populer di Kalbar. Air danau yang jernih dan pasir putih seakan di tepi laut. Karena itu pula danau ini disebut miniatur lautan. Keindahan alam sekitarnya sehingga diminati untuk berlibur

Kawasan ini areal persawahan sebelum jadi aeral PETI (Pertambangan Emas Tanpa Izin) oleh masyarakat tahun 1980an. Setelah aktivitas PETI selesai, areal ini jadi danau tidak terawat dan hanya dikunjungi pemburu burung belibis yang jumlah koloninya hingga ribuan ekor.

Tahun 2010, pemilik tanah mengelolanya dan memperluas dengan beli tanah masyarakat. Pengelolaan ini tidak mudah dilakukan, dan seiring waktu Danau Belibis Tayan dikenal masyarakat. Pengunjung makin meningkat saat musim liburan tiba.

Daya tarik Danau Belibis

1-Pasir putih

Danau Belibis memiliki pasir putih  khas, karena tidak semua danauada hamparan pasir putih yang luas. Dengan pasir putihnya, kawasan ini lebih indah dengan paduan air danau yang tenang dan jernih.

2-Pemandangan indah

Selain danau yang biru dan pasir putihnya, juga keindahan alam sekitarnya. Pepohonan menyegarkan mata dan pikiran. Pesona dan keindahanya bisa memanjakan pengunjung. Meski kawasan ini ramai pengunjung saat liburan, namun tak pernah padat, tetap sunyi, nyaman untuk menenangkan diri.

3-Kawasan hutan

Menuju Danau Belibis Tayan, kita melewati hutan gaharu yang berjajar rapi kanan kiri. Hutan ini jadi daya tarik tersendiri karena kesegaran di antara pepohonan membuat pengunjung makin nyaman. Lahan 10 ha ini akan dikembangkan juga untuk wisata hutan.

Hutan selain mempercantik kawasan, juga membuat lingkungan jadi lebih asri.

4-Lokasi

Danau Belibis tepatnya di Tayan Hilir, Sanggau. Jika dari Pontianak, jaraknya 78an Km atau 1 jam 40 menit perjalanan. Anda bisa naik roda-2 atau roda-4. Aksesnya mudah tak jauh dari jalan raya. Ada papan bertulis Danau Belibis sehingga Anda mudah menemukan.

Artikel ini telah tayang dengan judul : Danau Belibis di Taya-Danau Cantik Berpasir Putih di Sanggau

Selengkapnya dapat Anda KLIK di :https://www.celebes.co/borneo/danau-belibis-tayan;  by Dara Mendra

(Disajikan ulang dan diedit oleh : FatchurR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close