Wisata dan Kuliner

Mengenal Lima Kain Ulos Khas Toba Sarat Makna

(lifestyle.bisnis.com)- JAKARTA – Kain ulos sebagai kain khas dari Sumatra. Setiap kain ulos bermakna berbeda. Kain kebanggaan Suku Batak ini memiliki filosofi di balik setiap motifnya yang memesona. Berikut 5 jenis kain ulos dan maknanya dikutip dari Indonesia.travel.id:

 

1-Ulos Ragi Hotang-Simbol ikatan kasih saying

Dalam pernikahan adat Batak, sepasang pengantin akan disampirkan kain ulos ragi hotang atau ulos marjabu. Kain ulos ini simbol ikatan kasih sayang yang diharapkan seperti rotan (hotang dalam bahasa Batak). Rotan sebagai bahan pengikat yang kuat, sehingga filosofi itu jadi doa bagi pengantin baru untuk tetap terikat kuat dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

 

2-Ulos Mangiring

Biasanya ulos mangiring diberikan oleh orang tua (nenek) ke cucu pertama dengan doa dan harapan kelak lahir anak berikutnya dalam keluarga itu. Ulos ini bisa dijadikan kain gendongan (disebut ulos parompa). Selain itu, ulos mangiring juga kerap dipakai sebagai selendang dikenal dengan nama tali-tali dalam bahasa Batak.

 

3-Ulos Ragidup symbol kehidupan

Proses pembuatan ulos ragidup paling sulit dan panjang dibanding jenis lain, karena itu harganya mahal. Ada 3 bagian yang harus ditenun bertahap membuatnya, yaitu 2 bagian sisi dan bagian tengah yang berisi tiga bagian dengan detail rumit. Setelah selesai dan dipandangi cermat, keseluruhan motifnya tampak nyata dan ‘hidup’.

 

Oleh karena itu ulos ragidup (ragi hidup)  kerap dijadikan simbol dari kehidupan dan kebahagiaan dalam keturunan dengan umur yang panjang.

 

4-Ulos Sadum symbol suka cita

Ciri khas ulos sadum dari dominasi aksen warna merah, motif bunga meriah, serta bingkai warna gelap di kedua sisinya. Ulos sadum ini disimbolkan motivasi dalam keluarga agar bersuka cita dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Ulos sadum kerap untuk hadiah atau kenang-kenangan kepada pejabat atau tamu istimewa lho, Sobat Pesona!

 

5-Ulos bintang maratur-simbol patuh dan kerukunan

 

(Editor : Mia Chitra Dinisari; Bahan dari : https://lifestyle.bisnis.com/read/20210209/104/1354251/mengenal-5-kain-ulos-khas-danau-toba-yang-sarat-makna)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close