Wisata dan Kuliner

Destinasi Perawan Kalsel Fenomena Alam Unik

(travel.detik.com)-TANAH  LAUT; Destinasi yang perawan ini terletak di kecamatan Takisung, Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Lokasinya menjorok ke tengah laut, fenomena alam ini sedimentasi pasir.

 

Hari itu jelang sore pukul 15.00 WITa, dengan naik perahu nelayan kapasitas 20 orang sekali jalan, kami ke lokasi wisata alternatif baru dekat pantai Takisung. Perjalanan ini menyenangkan, dan menegangkan bagi yang tak biasa naik perahu. Diiringi deburan ombak, 30 menit sampai tujuan, karena masih perawan gak banyak dikunjungi wisatawan sehingga fasilitas juga masih belum ada.

 

Hanya dermaga tambat perahu dan kapal hanya merapat mendekat. Pengunjung harus menceburkan diri, tinggi air semata kaki. Tapi bila menjejakan kaki di pasir maka perjalanan makin menarik. Tebing Tinggi, itu sebutannya.  Disimpulkan destinasi ini hasil sedimentasi lautan dan membentuk dataran pasir (disebut gosong). Setelah menjejakkan kaki, lokasi ini kami sebut Gosong Tebing Tinggi.

 

Gosong Tebing Tinggi ini unik, karena posisinya diapit laut dan sungai, posisi depan berhadapan dengan laut Takisung, belakangnya sebuah sungai sehingga kita disuguhkan pemandangan menarik dan unik. Di seberang sungai ada pulau yang dikelilingi oleh sungai. Dengan ditumbuhi pohon bakau sehingga menambah daya tarik tempat ini.

 

Kami menikmati hamparan pasir dan pemandangan sungai serta hamparan pohon bakau, sangat menyenangkan sehingga tak terasa waktu menunjukan pukul 17.30. Nampak bayangan matahari mulai sudah di sudut lautan dan akhirnya kami memutuskan untuk kembali pulang.

 

Perjalanan pulang tidak kalah menariknya, karena kita dibawa menikmati goyangan ombak, melewati  hamparan batu, yang katanya berwujud manusia biasa disebut batu Bejanggut. Tak jauh dari batu bejanggut kita lihat mercusuar yang dapat kita nikmati dari dekat. 30 menit kemudian sampailah kita kembali di pantai Takisung. Kapal pun merapat dan bersandar.

 

(msl; Fahmi; Bahan dari : https://travel.detik.com/domestic-destination/d-5124304/destinasi-perawan-dari-kalsel-fenomena-alam-unik?_ga=2.6979633.2047587618.1598219626-736516367.1589083957)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close