Wisata dan Kuliner

Gedung Siola dijadikan museum Surabaya

Surabaya – Salah satu ikon bangunan bersejarah di Surabaya adalah Siola. Gedung yang masa lampau bernama White Away and Co itu sempat jadi pusat perbelanjaan, kini berubah fungsi. Pemko) Surabaya menjadikan lantai dasar eks Siola di Jalan Tunjungan yang dibangun 1877 ini jadi museum (Museum Surabaya). Museum dibuka pada 3/5/15 itu berisi arsip tempoe doloe milik pemkot.

Tak hanya arsip, banyak properti yang jadi saksi sejarah perjalanan Kota Surabaya yang telah dikumpulkan akan dipajang di dalam museum di bekas gedung perkulakan terkenal di dunia itu. Seperti buku arsip daftar orang-orang yang dimakamkan di pemakaman Belanda di Peneleh dan Ngagel. Kemudian ada lembaran pecahan uang kertas rupiah yang diketemukan di dalam brankas kuno raksasa, helm pasukan pemadam kebakaran dari logam hingga katel uap yang dibuat pada abad 18.

Pemkot juga akan melengkapi museum itu dengan unit mobil pemadam kebakaran yang pernah dipakai untuk pemadaman api yang membakar Siola pada tahun 1982.

“Dua unit mobil PMK jaman dulu itu sumbangan dari AS dan sekarang dalam proses derek untuk dibawa ke Siola ini,” kata Kepala Dinas PMK Surabaya Chandra Oratmangun kepada detikcom, Sabtu; 2/5/2015. (http://m.detik.com/news/read/2015/05/02/184419/2903975/475/eks-gedung-siola-disulap-menjadi-museum-surabaya-apa-istimewanya)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close