Wisata dan Kuliner

2-Danau Kelimutu terindah di Indonesia

2-Danau Kelimutu
Kelimutu merupakan gabungan kata dari “keli” yang berarti gunung dan kata “mutu” yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

Danau atau Tiwu Kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna – warna yang ada di dalam danau. Danau berwarna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal.

Danau warna merah atau “Tiwu Ata Polo” tempat berkumpulnya jiwa orang yang meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

Luas ketiga danau itu 1.051.000 M2; volume air 1.292 juta M3. Batas antar danau adalah dinding batu sempit yang mudah longsor. Dinding ini terjal dengan kemiringan 70°. Ketinggian dinding danau berkisar antara 50-150 meter. Gunung Kelimutu terletak di Desa Pemo, Kec-Kelimutu, Kab-Ende, Pulau Flores, NTT. Bersambung ………………; (http://agusbudiawan.wordpress.com/2013/11/23/mbolang-17-danau-terindah-di-indonesia-1/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close