Wisata dan Kuliner

Semalam wisata di Sumba-Barat(1/3)

Jakarta, CNN Indonesia-Jika ingin berlibur ke lokasi yang sarat keindahan alam dan budaya, kawasan Sumba Barat di P-Sumba, NTT, bisa jadi pilihan yang menarik. Eksotisme alam Sumba Barat belum banyak terekspos. Namun, hal tersebut justru menambah keelokannya.

 

Untuk menikmati wisata di Sumba Barat, pengunjung bisa gunakan jasa pesawat terbang atau kapal laut. Bila dengan pesawat, wisatawan dapat mendarat di Bandara Tambolaka, Sumba Barat Daya. Jika dengan kapal laut, pengunjung harus terlebih dulu menyeberang dari Pulau Bima, Nusa Tenggara Barat.

Sesampai bandara atau pelabuhan bisa langsung ke ibu kota Sumba Barat, Waikabubak, menggunakkan kendaraan roda empat yang memakan perjalanan selama dua jam. Di Waikabubak terdapat beberapa penginapan untuk bermalam. Salah satu hotel yang direkomendasikan adalah Hotel Manandang.

Manandang disebut sebagai penginapan terbaik di Waikabubak. Letaknya ada tepat di jantung kota. Walau tak semewah Nihi Watu, penginapan kelas dunia yang terletak di Sumba Barat, namun Manandang memasang tarif yang jauh lebih murah.

Untuk kapasitasnya sebagai hotel di tingkat kabupaten, Manandang patut diberi jempol atas fasilitas yang diberikan. Namun, pengunjung harus maklum dengan keterbatasan jaringan internet yang tersedia di penginapan tersebut.

Berkeliling pulau bisa dengan jasa mobil sewa, karena terbatasnya transportasi umum.  Kisaran tarifnya Rp500 ribu, termasuk sopir dan bensin, penyewaan sehari. Kawasan pantai terdekat dari pusat kota berjarak 1 jam perjalanan. Selain pantai, wisatawan wajib mengunjungi kampung2 adat yang tersebar di seluruh penjuru Sumba Barat.

Berikut ini ialah pilihan wisata yang bisa dilakukan dalam selama satu malam di Sumba Barat, seperti yang dilakukan oleh CNNIndonesia.com pada Rabu (23/11):
a-Pantai Mananga Aba
Pantai Mananga AbaJika ingin ke pantai, bisa beranjak ke Kab-Sumba Barat Daya. Hanya butuh waktu satu jam ke Sumba Barat Daya dari Waikabubak. Di Sumba Barat Daya terdapat banyak pantai yang bisa dibilang masih perawan. Keindahan pesisir utara Pulau Sumba dapat ditemukan di sana.

Salah satu pantai yang sempat dikunjungi ialah Mananga Aba. Pantai itu terletak 15 kilometer dari Bandara Tambolaka. Di Mananga Aba, suasananya masih sangat sepi, alhasil keasriannya masih sangat terjaga. Perlu membawa bekal makanan dan minuman jika berkunjung ke sini.

Salah satu penginapan dekat pantai ini : Hotel Mario, persis di hadapan pantai. Menurut penuturan penduduk lokal, hotel tersebut memasang tarif penginapan seharga Rp500 ribu per malam. Bersambung …………. (ard; Lalu Rahadian; http://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20161127143357-269-175635/wisata-satu-malam-di-sumba-barat/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close