YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Ayo, Aerobik

Olahraga bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menyiasati sesak nafas. Meski tidak mengatasi sesak nafas secara keseluruhan, OR dapat meningkatkan kualitas paru. Kemampuan paru untuk memompa udara dapat ditambah, sehingga serangan sesak nafas bisa dikurangi

Ahli OR dan medis dari slim + health therapy, Dr.Michael Triangto, Sp.KO, menyatakan pada dasarnya semua OR bagus untuk paru-paru. “OR yang cocok untuk meningkatkan kemampuan paru adalah olahraga aerobik yang merangsang produksi oksigen dalam tubuh”, ungkapnya.

OR aerobik bukan senam aerobik. OR aerobik adalah aktivitas dengan intensitas ringan dalam waktu lama, misal jalan kaki, joging, bersepeda, atau renang. OR aerobik membuat denyut jantung meningkat dalam periode yang lama. Pada saat denyut jantung meningkat, berarti suplai darah ke seluruh bagian tubuh bertambah banyak.

Dalam kondisi ini tersedia oksigen cukup untuk kebutuhan jaringan dan sel tubuh. Aerobik teratur penting menjaga kesehatan jantung. Durasi OR ini bergantung kondisi seseorang. “Jika kuat, silahkan lakukan aerobik atau nonaerobik selama ia sanggup. Dengan catatan, harus mengetahui batas diri. Jangan terlalu lelah karena merusak tubuh. Tujuan ber-OR itu agar sehat, bukannya malah sakit.

Untuk orang yang sering mengalami sesak nafas dan hendak meningkatkan kualitas paru, disarankan agar melakukan aerobik tiga sampai lima kali seminggu selama 30 menit. (Sumber: Gayahidupsehat no.557 dan http://www.yakestelkom.or.id)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close