Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Senam Yoga Virtual Bersama YFC (15-02-2021) Dan Sejarah Modern

Salah satu sara menuju sehat adalah ikut Senam Yoga yang selama Pandemi ini dilakukan YFC Yakes Area-3 Jabar dengan Virtual Zoom. Namun  pada kegiatan rutin tanggal (15-02-2021) pesertanya relative sedikit. Anggota KJS BLA yang ikut hanya Bp Djuhana/500067.000 dan Entin Rustini/640498.000.

Kemunngkinan ketidak hadiran mereka mungkin ada kegiatan lain, hal  hal mendadak, kesulitan koneksi dan tidak  menutup kemungkinan pemberitahuan Link Zoom nya sangat mendadak. Tapi Ok sementara kita lupakan masalah keikut sertaan ini, Yuk kita intip Sejarah Yoga yang saya cuplikkan sebagian dari : (cnnindonesia.com)

 

Penelitian tentang yoga lebih dari satu abad. Namun masih banyak misteri yang belum terkuak awal hadirnya yoga. Yang diketahui publik, yoga asal India sekitar 5.000 tahun lalu. Sampai sekarang, banyak sarjana barat berpikir yoga berasal dari  masa Buddha Gautama, sang pendiri agama Buddha.

Awal 1920-an, arkeolog menemukan budaya Indus terbesar di zaman kuno dan mengejutkan. Berada di atas lahan 300 ribu mil persegi. Di bawah reruntuhan kota-kota besar Mohenjo Daro dan Harappa, mesin eskavator menemukan gambar ukiran tokoh menyerupai yogi pada cap batu.

Tidak ada yang primitif dari peradaban yang disebut Indus-Sarasvati ini, dinamai dari 2 sungai besar di India Timur. Konsekuensi Mengeringnya Sungai Sarasvati (1900 SM) dan Kematian Sungai ini memaksa penduduk bermigrasi ke negeri Hindustan yang lebih subur, terutama bagian timur menuju Sungai Gangga. Mengapa sejarah ini penting bagi yoga?

Pawai sejarah Yoga

Sejarah yoga dibagi 4 kategori besar yakni Yoga Veda, Yoga Praklasik, Yoga Klasik, dan Yoga Posklasikal. Kategori ini bergerak terus ibarat pawai sejarah. Berikut disajikan salah satunya Sejarah Yoga modern

 

Yoga modern

Sejarah yoga modern diawali di parlemen agama di Chicago (1893). Di kongres itu  Swami Vivekananda (svamin) yang berarti ‘master’ membuat kesan besar dan abadi di depan publik AS.

Atas perintah guru sucinya, Ramakrishna, dia temukan jalan ke AS. Sini dia diundang ke parlemen, dan jadi diplomat yoga terpopuler. Lalu, dia lakukan perjalanan untuk menarik para siswa mempelajari Yoga.

Sebelum Swami Vivekananda beberapa master yoga lain menyeberangi lautan ke Eropa. Pengaruh mereka singkat. Kesuksesan besar Vivekananda ibarat membuka pintu air bagi pakar yogis lain dari India. Rupanya aliran kedatangan guru dari Timur belum berhenti.

Setelah Swami Vivekananda, guru terpopuler di tahun awal gerakan Yoga di Barat adalah Paramahansa Yogananda. Dia tiba di Boston (1920). Tahun 1925, dia dirikan Self-Realizaton Fellowship, yang kantor pusatnya di Los Angeles.Meski dia wafat tahun (1952) di usia 59, dia terus memiliki pengikut di dunia.

Tokoh populer dekade setelah 1920-an : Ramacharaka. Hanya segelintir orang tahu Ramacharaka ini nama samaran yaitu dari dua orang yakni William Walker Atkinson yang meninggalkan firma hukumnya di Chicago demi berlatih yoga, gurunya Baba Bharata.

Sejak 1930-an sampai wafat 1986, Jiddu Krishnamurti berbicara fasih kepada ribuan filsuf Barat. Dia demonstrasikan Jnana Yoga, dan menarik kerumunan besar. Lingkaran dekat temannya menggambarkan Krishnamurti itu manusia terindah yang pernah dilihatnya.

Yoga, dalam bentuk Yoga Hatha, masuk arus utama AS saat Yogini asal Rusia Indra Devi, (‘First Lady of Yoga’) membuka studio di Hollywood (1947). Bintang yang diajarnya : Gloria Swanson, Jennifer Jones, dan Robert Ryan, dan melatih ratusan guru. Di usia yang 90an dia tinggal di Buenos Aires, dan tetap jadi suara berpengaruh bagi Yoga.

 

Sistem Iyengar yoga yang dikenalkan BKS Iyengar jadi fenomena global, jutaan orang  ikut. Buku BKS Iyengar terjual di 70 negara dan diterjemahkan ke 13 bahasa. Iyengar menekankan kesehatan dan ketepatan kinerja fisik melalui postur tubuh. Karena pendekatannya sekuler, pada 1969 hanya yoga Iyengar yang dapat diajarkan di Inner London Education Authority.

BKS Iyengar yang pada 20/8/2014 wafat di usia ke-95 jadi sosok selebritas. Dia muncul di TV berprestasi dengan liukan tubuhnya. Pada 1973, ketika dia ke AS kedua kalinya, ratusan orang menunggu. Bak jamur di musim hujan Asosiasi yoga Iyengar muncul di Amerika Utara, Eropa, dan penjuru dunia lain.

 

(Djuhana-Klub KJS Tegallega  Bandung Selatan Bersama FR; bersumber dari Windratie;   Bahan dari  : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20141014133552-255-6288/dari-sini-sejarah-yoga-berasal)-FR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close