Wisata dan Kuliner

Susur Kedunglilo pembatas Blitar

Masyarakat Desa Maron, Kademangan, Blitar menyebut tempat ini Kedung Lilo. Kedung Lilo, sebutan jamak untuk aliran sungai yang terletak di pinggiran Desa Maron. Sepintas Kedung Lilo hanya sungai biasa, namun siapa pun pasti akan tercengang setelah menyusurinya.

Kedung Lilo menarik untuk dikunjungi, kami memutuskan menyambangi Kedung Lilo secara langsung. Sejauh perjalanan dari Kota Blitar hingga Desa Maron, semua lancar, namun setalah memasuki pedalaman Kedung Lilo semuanya menjadi membingungkan.

Secara rinci rute menuju Kedung Lilo dari Blitar : Blitar-Kademangan-Suruhwadang-Kantor Kecamatan Kademangan ke kanan-Maron-perbatasan Maron Panggungduwet berbelok ke kanan mentok -kemudian berbelok ke kanan menuju Kedung Lilo.

Dengan menyusuri rute tersebut kami hanya sampai pada sebuah pemandian desa. Dari pemandian tersebut kami melanjutkan perjalanan dengan menyeberangi sungai, naik turun bukit, dan menyusuri jalan setapak menuju sungai.

Sesampai sungai kami melakukan penyusuran. Baru sekejap, kami terpukau. Tempat ini keren. Aliran airnya bening dan dasar sungai yang berwarna putih dapat terlihat dengan jelas. Keberadaan lumut-lumut berwarna hijau turut mempercantik dan menjadikan sungai ini semakin berwarna.

Semakin jauh menyusur makin banyak hal menarik. Berbagai bentuk dan warna batuan indah menghiasi tiap sudut. Selain menyajikan keindahan, batuan-batuan tersebut juga memberikan tantangan bagi kami. Konturnya yang terjal mengharuskan kami untuk memanjat berulang kali.

Semakin jauh lagi kami menyusur, makin sering kami jumpai adanya air terjun mini. Dan lagi-lagi selain menyuguhkan keindahan, panorama ini juga begitu menantang. Kami harus memanjat tebing-tebing dipinggiran air terjun untuk dapat menyusur lebih jauh.

Satu dua air terjun telah kami lalui. Hal ini cukup menguras tenaga dan memacu adrenalin. Dan puncak keberanian saya hanya sampai pada air terjun kedua. Selepas itu hanya tersedia jalan kecil tepat di atas air terjun.

Rombongan lain sampai klimak perjalanan, air terjun yang letaknya teratas dari rangkaian air terjun mini di Kedung Lilo. Penyusuran ini manis, karena keindahan, stamina, dan adrenalin semuanya berjalan beriringan. (Writer : Galy Hardyta; https://travellers2009.wordpress.com/tag/tulungagung/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close