Wisata dan Kuliner

Istimewanya KEK Mandalika

Jakarta, Kompas.com-Presiden Jokowi baru saja mengunggah vlog keindahan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Sabtu (21/10/2017). Vlog itu diketahui bersamaan dengan momen pembukaan KEK Mandalika yang diresmikan Jokowi..

 

“Saya senang, ini kawasan yang 29 tahun belum selesai2 dan hari ini selesai. Telah kita buka, investasi sudah masuk, kita harapkan berdampak baik ke masyarakat NTB” katanya di vlognya. KEK Mandalika  bukan proyek biasa. Kawasan ini disiapkan sebagai kawasan pariwisata unggulan di Pulau Lombok NTB.

 

KEK Mandalika memiliki lahan 1.034 ha yang digarap PT Indonesia Tourism Development Corporate (ITDC), BUMN yang sukses membangun kasawan pariwisata Nusa Dua di Bali. Posisi KEK Mandalika strategis di Pulau Lombok. Berjarak 30 menit dari  Bandara Internasional Lombok dan terbentang mulai dari Pantai Kuta, Pantai Seger, hingga Pantai Tanjung Aan.

 

Pantai Kuta yang terkenal pasirnya putih dan air laut jernih, lengkap dengan pemandangan bukit jadi pintu masuk KEK Mandalika. Ada Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende khas masyarakat Sasak, penghuni asli Pulau Lombok yang berada tak jauh dari KEK Mandalika. Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, fasilitas2 akan dibangun di KEK Mandalika.

 

“(Kawasan Mandalika) akan memiliki 10.000 kamar hotel, sirkuit balap kelas dunia, convention center,” kata Darmin di Pantai Kuta Mandalika (20/10/17). Sekretaris Dewan KEK Mandalika, Enoh Suharto Pranotomengatakan jika di KEK Mandalika akan dibangun sirkuit balap.

 

Saat ini 8 investor tahap awal yang tertarik membangun hotel atau resort di KEK Mandalika dn total  investasi Rp 13T. Maka tak heran lewat vlognya Jokowi berharap banyak dari KEK Mandalika.

 

“Semua berharap seperti Pak Gubernur (NTB) rakyat dapat menikmati investasi ini berdampak kesejahteraan akan kelihatan” kata Jokowi yang memprediski akan ada penyerapan tenaga kerja 58.000 orang dari KEK Mandalika. (Silvita Agmasari; I Made Asdhiana)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://travel.kompas.com/read/2017/10/21/163700727/kawasan-ekonomi-khusus-mandalika-apa-istimewanya-)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close