Wisata dan Kuliner

Masjid Tua di Cirebon dijadikan Destinasi Wisata Religi

(travel.detik.com)-Cirebon; Cirebon punya masjid2 bersejarah. Dewan Masjid Indonesia (DMI) bersama pemerintah dan Keraton Kasepuhan Cirebon gelar simposium wisata religi berbasis masjid.

Gelaran sompsium ini untuk mendorong wisata religi berbasis masjid di Cirebon. Latar belakang Cirebon yang memiliki sejarah panjang tentang penyebaran ajaran Islam di Jabar jadi salah satu alasannya.

“Banyak sekali wisata religi di Indonesia itu. Tapi, kita (Cirebon) diberi kehormatan jadi tuan rumah simposium wisata religi berbasis masjid. Ini karena DMI memandang Cirebon salah satu daerah yang memiliki sejarah panjang tentang penyebaran Islam,” kata Sultan Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat dalam sambutannya, (5/5/18).

 

Cirebon sudah dikenal dunia sejak 600 tahun silam. Sekitar abad 14, Laksamana Ceng Ho dari negeri tirai bambu mendatangi Cirebon. Datangnya Ceng Ho, tak luput dari penyebaran ajaran Islam.

“Pertama kali Cirebon memiliki Masjid Pejlagrahan, lokasinya berdekatan dengan Keraton Kasepuhan. Masjidnya masih ada, usianya 600an tahun. Masjid kedua adalah masjid Sang Cipta Rasa, satu zaman dengab Masjid Demak,” ucapnya.

Kedua masjid tua itu, hingga saat ini masih digunakan beribadah dan kegiatan keagamaan. Selain dua masjid tua itu, Cirebon juga memiliki 20 masjid lain yang usianya 200 – 500 tahun. “Masih banyak masjid tua bersejarah di Cirebon. Kalau masjid jadi destinasi wisata, akan mendorong perekonomian masyarakat” ucap Arief.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Umum DMI Komjen Pol Syafruddin yang Wakapolri mengatakan Cirebon akan dijadikan ikon wisata religi dan halal. “Saya akan fokus pada pengembangan wisata berbasis masjid. Kita ini elemen pendukung, yang utama Kemenpar” ucap Syafruddin.

Ia juga mengatakan 20 masjid tua bersejarah di Cirebon akan disinkronisasikan untuk menarik wisatawan yang ingin melihat sejarah dan peradaban Islam di Cirebon.

“Kita akan lihat, lalu disinkronisasikan semuanya untuk menarik wisatawan. Sebagai pengurus DMI kita fokus pada wisata berbasis masjid”. (Rdy; Rdy; Sudirman Wamad; Bahan dari : https://travel.detik.com/travel-news/d-4006344/banyak-masjid-tua-cirebon-dijadikan-destinasi-wisata-religi-berbasis-masjid)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close