Kesehatan

Berlama lama joging

Studi baru menyebutkan terlalu banyak lari / jogging bisa menyebabkan kematian dini, mengapa ? Hasil penelitian dari Cardiovascular Research Institute di Lehigh Valley Health Network, Pennyslavia, AS : seseorang terlalu banyak lari atau jogging dapat berisiko meninggal lebih cepat.

 

Peneliti menyatakan, orang yang lebih lama hidup adalah yang melakukan lari atau OR dengan intensitas sedang. Menurut para peneliti, orang yang ber-OR terlalu banyak lari dan orang yang tidak ber-OR sama sekali, memiliki risiko kematian dini yang sama.

 

Studi ini mempelajari lebih dari 3.800 pelari wanita-pria yang rata2 berusia 46 tahun. Hampir 70% peserta studi mengatakan mereka biasa lari lebih dari 30 km seminggu. Selain itu peneliti menganalisa obat yang dikonsumsi, dan memeriksa tekanan darah, kolesterol tinggi, dan riwayat merokok.

 

Hasilnya peneliti tak menemukan penyebab dari kondisi diatas yang menyebabkan kematian dini karena terlalu banyak lari atau ber-OR. Dr. Martin Matsumura pemimpin studi ini mengatakan Timnya tidak minta orang berhenti lari atau jogging, namun ia menyarankan terus mengikuti perkembangan studi mengenai hubungan antara usia dan berjalan terlalu banyak ini.

 

“Yang belum kita pahami adalah mendefinisikan dosis yang optimal untuk berjalan atau jogging bagi kesehatan dan umur panjang,” kata Matsumura kepada situs Health Day. Dr. James O’Keefe, meyakini temuan ini disebabkan ‘keausan’ tubuh orang yang melakukan terlalu banyak berjalan atau jogging.

 

O’Keefe menyarankan, untuk jogging sekitar dua setengah jam dengan intensitas sedang seminggu.

Well fitness mania, sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik lho! Selamat berolahraga.

(http://duniafitnes.com/news/hati-hati-jogging-tidak-selamanya-baik-bagi-tubuh-lho.html)-FatchurR

————-

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close