Kesehatan

Ketika berpuasa dan agar tak mudah sakit

Kompas-Pola makan dan pola tidur yang berubah pada bulan Ramadhan bisa membuat imunitas tubuh turun. Agar tak gampang berpenyakit, konsumsilah makanan yang tepat. Tidak sulit menjaga agar sistem kekebalan tubuh optimal. Misal mengonsumsi makanan bergizi seimbang meski kita berpuasa.

 

Sepakat selain mengandung cukup karbohidrat, protein, dan lemak sesuai kebutuhan tubuh, jangan lupa sayur dan buah karena mengandung serat, vitamin, dan mineral. Kandungan vitamin yang penting untuk daya tahan tubuh adalah vit-C dalam buah2an. Menurut Dr.Fiastuti Witjaksono, Sp.GK (K), vit-C efektif mengurangi kelelahan, depresi, dan memperbaiki mood.

 

“Vitamin C juga penting untuk fungsi sistem tubuh, memperbaiki imunitas, dan meningkatkan pembentukan kolagen,” kata dr.Fiastuti. Ia mengingatkan bahwa vitamin C larut dalam air sehingga tidak bisa disimpan lama dalam tubuh. Kebutuhan vitamin C dalam sehari berkisar 50-70 miligram.

 

“Kalau kadarnya sudah cukup akan dibuang keluar tubuh, oleh karena itu konsumsi sumber vitamin C harus terus menerus,” ujar dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini. Buah-buahan yang kaya vitamin C antara lain jeruk, kiwi, pepaya, nanas, jambu biji, dan masih banyak lagi. Buah-buahan ini bisa dikonsumsi saat sahur atau berbuka puasa.

 

Ketimbang suplemen, disarankan konsumsi buah-sayuran untuk dapat vit-C. “Hasil penelitian: Kadar vit-C buah kiwi bertahan lebih lama di tubuh dibanding vitamin dari suplemen ekstrak kiwi” katanya. Bukan hanya dapat vitamin, dengan buah segar kita mendapat kandungan seratnya. (Lusia Kus Anna; http://lifestyle.kompas.com/read/2017/05/29/041600520/agar.tubuh.tak.gampang.sakit.selama.berpuasa.)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close