Kesehatan

Gejala Kolesterol Tinggi Pada Tubuh

(cnnindonesia.com)-  Jakarta, Kadar Kolesterol tinggi jadi faktor pemicu sejumlah penyakit seperti Jantung Mengenali gejala Kolesterol tinggi dapat membantu Anda mengatasinya.

Kolesterol untuk pembentukan membran sel, vitamin D, dan hormon tertentu. Kolesterol tak bisa larut ke air sehingga perlu alat transportasi untuk bergerak. Lipoprotein membantu kolesterol bergerak lewat aliran darah. Dua jenis lipoprotein : Low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Disebut berkolesterol tinggi jika kadar LDL  terlalu besar.

 

Berikut lima gejala kolesterol tinggi mengutip Hwalthline Clinic

1-Nyeri pada tengkuk

Nyeri pada tengkuk bisa disebabkan banyak hal seperti stres, kelelahan, juga kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi berkaitan dengan penumpukan plak pada pembuluh darah di area leher. Plak yang menumpuk bisa menghalangi aliran darah dari leher ke otak hingga menimbulkan rasa nyeri.

 

2-Rasa lelah dan nyeri di kaki

Keluhan nyeri kaki juga bisa jadi gejala kolesterol tinggi. Aliran darah ke jaringan tubuh berkurang akibat penumpukan plak. Aliran darah yang terhambat membuat seseorang mudah lelah. Saat penumpukan plak di area kaki, timbul rasa berat, nyeri, bahkan sensasi seperti terbakar.

 

3-Xanthoma
Xanthoma juga jadi salah satu tanda yang perlu diwaspadai. Kondisi ini mengakibatkan benjolan atau lesi lunak kekuningan pada kulit. Pada kasus kolesterol tinggi, lesi kekuningan timbul di sekitar lipatan mata. Xanthoma adalah kondisi ketika lesi kekuningan semakin membesar dan menyebar.

 

4-Nyeri dada

Plak yang menutup pembuluh darah bisa menimbulkan nyeri dada. Nyeri dada terjadi akibat arteri yang menyuplai darah ke jantung tersumbat. Dada terasa sakit atau kondisi yang biasa disebut angina sebagai salah satu gejala kolesterol tinggi.

 

(els/asr;  Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200306123742-255-481059/kenali-gejala-kolesterol-tinggi-pada-tubuh )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close