Kesehatan

Togapuri yang menarik

Beberapa waktu lalu saya pergi ke salah satu wisata yaitu Toga Puri. Berlokasi di dusun Lebakjawa, desa Cilembu, Pamulihan, Sumedang Selatan. Sekitar 35 km dari Bandung, ketinggiannya 900m dpl di kaki G. Kareumbi, dikelilingi G. Manglayang dan G.Geulis. Hawanya sejuk, dan bersih gak bertimbal. Beberapa hal yang saya suka selama di Toga Puri yaitu: View G. Manglayang yg oke berat,

 

Taman obat yang bikin penasaran+nyadar, banyak hal yang saya gak tau dan perlu dipelajari, senam ergonomis yang menarik seputar olah tubuh melalui pernafasan, snack antik dan sehat, Apem dari ubi cilembu, gehu pake daun sambung nyawa, juga wedang mahkota dewa, enak enak

 

Menu lunch yang kreatif dan sehat,

Nasi merah, lodeh mahkota dewa, pepes teri sambung nyawa, sambal teri cabai hijau, tempe, juga ada lalaban berupa daun singkong.

 

Minuman dingin yang uenak tenan,

Kombinasi timun, melon, waluh, dan lidah buaya (katanya). Yang menarik, minuman ini gak pake gula tapi diganti Stevia yang daunnya berasa manis.

 

Tempat exercise yang fun,

Tampilannya serasa kayak taman bermain untuk anak2, tapi ternyata dari size-nya diperuntukkan untuk orang dewasa. Ada banyak lagi selain yang di atas, saya coba semua. Detail desain lokasi yang menarik, -membayangkan gimana cara bikinnya

 

b-Taman ObatSeminar singkat tentang toga

Adas (Foeniculum sp), Alang-alang (Imperata cylinorica), Ciplukan (Physailis peruviana), daun Dewa (Gynura segetum), daun Jinten (Coleus amboinicus), daun Sendok (Plantago sp), Gandarusa (Justicia gandarusa), Jombang (Taraxacum mongolicium), Keji Beling (Strobilenches crispus), Keladi Tikus (Typhenium sp), Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus), Kunyit (Curcuma longa), Sambiloto (Andrographis paniculata), Sambung Nyawa (Gynura procumbens), dll deh [ga tau tuh penulisan biologinya bener ga, jgn2 aku salah catet hehehe]

 

Yang menarik yaitu daun remek daging yang bisa membantu melunakkan daging pas masak (gak usah dipresto), Rosmary yang harum dan sering disebut2 di acara kuliner eropa, Stevia daun sebagai pemanis alami (peserta seminar disodori untuk mencoba makan daunnya, ternyata emang manis agak pahit dikit pas gigit bagian pangkal tulang daun), Pegagan yang bagus untuk kesehatan kulit.

 

Bisa foto2 tekstur alam (seperti biasa),

Terakhir. Pas perjalanan pulang, bisa beli komoditi lokal desa Cilembu: Tahu Sumedang, ubi cilembu, kerupuk melarat, peuyeum, dan juga jamur hutan. Di dekat lokasi Toga Puri ada stasiun observasi milik LAN (kayak mini Boscha)

 

Overall, menarik sekali. cocok u ngenalin anak ttg tanaman obat indonesia, sekalian tamasya keluarga… (http://ginkgo7.wordpress.com/2009/03/17/wisata-tanaman-obat-toga/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close