Psikologi

Awal Bola Voli

Awal penemuan bola voli ini bernama Mintonette. OR Mintonette ini pertama ditemukan Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) : William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (AS). Morgan lahir di Lockport, New York (1870-1942).

 

Setelah bertemu James Naismith, pencipta OR bola basket yang lahir 6/11/1861, dan wafat 28/11/1939, Morgan menciptakan OR baru bernama Mintonette. Sama halnya dengan James Naismith, Morgan juga mendedikasikan hidupnya sebagai instruktur pendidikan jasmani.

 

William G. Morgan lulusan Springfield College of YMCA , menciptakan Mintonette ini 4 tahun setelah diciptakan basketball oleh James Naismith. Mintonette merupakan permainan yang diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenis permainan.

 

Mintonette mengadopsi 4 karakter OR permainan jadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan bola tangan (handball). Awalnya, permainan ini diciptakan bagi anggota YMCA yang tidak berusia muda, sehingga permainan ini dibuat tidak seaktif permainan bola basket.

 

Perubahan nama Mintonette-volleyball (1896), pada pertandingan pertama di International YMCA Training School. Pada awal 1896, Dr. Luther Halsey Gulick (Director of the Professional Physical Education Training School sekaligus sebagai Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA) meminta Morgan mendemonstrasikan mainan yang ia ciptakan di stadion kampus baru.

 

Pada sebuah konferensi yang bertempat di kampus YMCA, Springfield tersebut juga dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani. Dalam kesempatan tersebut, Morgan membawa dua tim yang pada masing-masing tim beranggotakan lima orang.

 

Dalam kesempatan itu, Morgan menjelaskan permainan ini adalah permainan yang dapat dimainkan di dalam dan di luar ruangan dengan leluasa. Dan menurut penjelasannya pada saat itu, permainan ini dapat juga dimainkan oleh banyak pemain.

 

Tidak ada batasan jumlah pemain yang menjadi standar dalam permainan ini. Sasaran dari permainan ini adalah mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi, dari satu wilayah ke wilayah lain / lawan. (http://klubvolisilvaskabkendal.blogspot.com/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close