YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Mitos kesehatan

Bangsa kita terbiasa dikerubut mitos, termasuk kesehatan. Bukan hanya milik kalangan tidak berpendidikan, yang lulus universitas pun masih termakan mitos. Lihat saja iklan televise kita, ihwal apa saja masih dikaitkan dengan mitos

 

Daging Bikin Hipertensi

Sejatinya bukan daging yang bikin darah tinggi, tapi garam dapur. Jadi garam dapurlah yang harus dimusuhi keluarga, terlebih bila ada yang berbakat turunan darah tinggi, dan bukan daging.  Mengkonsumsi daging secukupnya, bukan saja dianjurkan, melainkan diperlukan. Daging mengandung sejumlah zat gizi penting, selain asam amino yang dibutuhkan untuk memelihara sel dan organ tubuh.

 

Sekali dua kali dalam seminggu mengkonsumsi daging masih dinilai layak. Sejumlah orang beranggapan, agar sehat perlu “mencari keringat”. Anggapan itu tidak sepenuhnya betul. Buat mengejar aerobic yang bikin badan sehat itu bukanlah keringat, melainkan degup jantung yang debarannya memedai sesuai umur.

 

Pantang Seafood

Ada beberapa orang yang pantang sekali makan kacang, udang, dan kepiting, niscaya karena banyak kolesterol. Kacang tak ada yang berkolesterol, hanya yang berasal dari hewan yang berkolesterol. Yang berasal dari tumbuhan tidak ada kolesterolnya, yang ada lemak jenuh atau lemak tak jenuh.

 

Lemak jenuh berbeda dengan kolesterol, dua-duanya jahat bila dikonsumsi berlebihan. Namun berapa banyak layaknya kita makan udang, cumi, atau kepiting? Selama tidak berlebihan, misalnya tidak makan udang sampai sekilo.

 

Takut Minum Es

Tak sedikit ibu hamil yang takut minum air es karena yakin bisa bikin anak yang dikandungnya gemuk. Bahwa yang benar itu sikap hidup yang seimbang. Mitos jangan minum banyak sama salahnya dengan mitos harus minum luar biasa banyak.

 

Bagi tubuh yang masih normal, perlu kecukupan minum agar kerja ginjal tidak capek menyaring darah dan membuang ampas metabolisme tubuh. Sebaliknya, minum sangat berlebih dapat membuat tubuh keracunan air (water intoxication).

 

Masih banyak mitos yang membawa sensara. Mandi malam tidak bikin encok, tetapi bagi yang sudah encok bisa kambuh kalau mandi malam. Gula tidak bikin kencing manis, tapi bagi yang sudah kencing manis, sesendok gula saja bikin kencing manisnya bertambah parah. (http://www.yakestelkom.or.id)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close