Kesehatan

Mengenal batu empedu

Batu empedu adalah substansi batu ukuran kecil yang berada di kantung empedu. Substansi ini terbuat dari empedu yang mengeras, dihasilkan dalam hati. Empedu adalah cairan pencernaan yang runtuh dan mencerna lemak dalam tubuh.

 

Terbuat dari kolesterol, air, lemak, garam empedu dan bilirubin (produk limbah sel darah merah yang hancur), empedu dihasilkan di dalam hati dan disimpan dalam kantung empedu untuk mengencerkan kolesterol berlemak yang dialirkan melalui saluran.

 

Batu empedu terjadi ketika terlalu banyak kolesterol, bilirubin atau garam empedu, menyebabkan empedu cair kurang berair. Hal ini menyebabkan pengerasan dan membentuk batu empedu. Ada dua jenis batu empedu yang dikenal dengan batu kolesterol atau batu pigmen.

Mengingat kolesterol adalah lemak, maka harus dihancurkan dan diencerkan sebelum dapat dialirkan secara efektif. Dalam kondisi terlalu banyak kolesterol dalam sistem, partikel kolesterol saling menempel dan ukurannya membesar hingga membentuk batu empedu.

Hal ini dapat pula diakibatkan pertumbuhan tidak normal kolesterol dalam sistem dan penurunan kerja kontraksi kantung empedu sehingga empedu tetap dalam kantung empedu dalam waktu lebih lama. Batu empedu ini dikenal sebagai batu kolesterol. Batu pigmen adalah batu yang terbentuk akibat tingginya bilirubin dalam sistem tubuh.

 

Penyebab Dari Penyakit Batu Empedu

Penyebab penyakit ini belum di ketahui pastinya, tetapi para ahli mengatakan ada beberapa penyebab yang menjadi pemicu terjadinya penyakit batu empedu :  Kombinasi faktor-faktor, termasuk kimia tubuh warisan, berat badan, empedu motilitas (pergerakan), dan mungkin diet.

Gejala Penyakit Batu Empedu

Gejala penyakit empedu beragam jenis dan bergantung ukuran dan jumlah batu empedu yang terbentuk serta lokasinya, keparahan gejala dapat beragam. Gejala-gejala ini dapat mencakup :

 

  • Nyeri berat di daerah perut atas
  • Sakit kuning (terjadi ketika terjadi penyumbatan dalam waktu lama)
  • Demam (jika timbul komplikasi)
  • Muntah-muntah

 

Agar Penyakit batu empedu segera diatasi sebaiknya konsultasikan kepada dokter Poliklinik atau layanan kesehatan anda terdekat atau jika mau mencoba mengkonsumsi obat herbal  yang (“katanya”) terbukti dan terpercaya selama ini, silahkan cari di iklan2. Konon banyak yang sembuh yang rutin mengonsumsinya. (http://greenworldindonesia.org/obat-herbal-batu-empedu/ dan…..)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close