Wisata dan Kuliner

Kurma Matorama Probolinggo

Probolinggo-Anda berlebaran di kota angin Gending ?; Jika anda disuguh buah kurma sebagai hidangan ketahuilah bahwa buah yang anda konsumsi atau beli itu belum tentu berasal dari negeri Timur Tengah. Makanan manisan rasa kurma ini biasa disebut oleh warga dengan matorama.

Kurma ini yang dibuat oleh warga Desa Kraksaan Wetan, Probolinggo ini terbuat dari Tomat dengan jenis Dona. Cara pembuatan manisan kurma ini sederhana. Pertama, tomat utuh dan telah dibuang isinya dulu direndam dalam air kapur. Setelah itu, tomat dimasak hingga mengeluarkan air dan ditaburi gula. Untuk 4 Kg tomat, butuh gula 1 Kg.

Kemudian tomat yang matang dan berubah warna dijemur beberapa lama hingga bentuknya serupa kurma asli. Proses selanjutnya, untuk menghilangkan bakteri pada manisan kurma serta membuatnya agak empuk dan kenyal, matorama diopen selama kurang lebih 15 menit.

“Dari 4 Kg tomat mentah, setelah diolah menghasilkan 8 ons atau 16 bungkus manisan tomat rasa kurma,” kata Sauharti pembuat Kurma tomat. Yang sangat mengejutkan dari karya warga Probolinggo ini, pada musim menjelang hingga lebaran, manisan kurma ini banyak dipesan masyarakat. Bahkan, sudah menembus pasar di Brunei Darussalam. (http://news.detik.com/surabaya/read/2007/10/14/093259/841224/475/manisan-tomat-rasa-kurma-khas-probolinggo)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close