Psikologi

OlahRaga buat Lansia (4)

Bagi orang yang mengecam game sebagai media permainan yang kurang memberi dampak positif, sebaiknya membaca berita ini. Sebab, ternyata, beberapa game terbukti mampu membawa dampak positif bagi yang memainkan.

Hal ini terbukti pada permainan Brain Age keluaran Nintendo, salah satu perusahaan game paling besar saat ini. Permainan itu terbukti jadi stimulus otak agar bisa bekerja makin maksimal. Tak heran, jika permainan ini pun banyak dimainkan tak hanya untuk anak-anak, tapi juga orang dewasa.

Game yang saat ini menurut pihak Nintendo telah terjual 8,6 juta kopi di dunia, bermanfaat bagi Lansia. Pemain usia 67 tahun, Lynn Lipton dari Poughkeepsie, New York mengatakan game ini membantunya meningkatkan kemampuan memori otak. Sebelumnya, Lipton mengaku ia telah lupa tabel perkalian sebelum bermain Brain Age.

Saat meluncurkan game, Nintendo tidak mengklaim, game ini baik bagi kesehatan otak. Hal ini justru dikemukakan tidak langsung oleh seorang neuroscientist (ahli syaraf) Jepang, Ryuta Kawashima. Ia menyatakan latihan matematika, membaca dan musik dalam game merupakan latihan yang dapat memacu kemampuan otak.

Dan, rupanya, metode pelatihan yang disebut Ryuta itu ternyata sama dengan cara permainan yang ada di game Brain Age. Hal ini dikuatkan Michael Scanlon, ahli dari Universitas Stanford menambahkan game ini dapat mempertajam kemampuan mental dan mencegah penyakit Alzheimer salah satu bentuk kepikunan akibat degenerasi otak.

Carle, asisten profesor di Universitas George Mason, juru bicara Nintendo mengungkapkan ia yakin Brain Age berguna bagi lansia. “Bisa dikatakan ini hanya game, tapi dengan game ini, mempertajam kemampuan memori mereka, Lansia mampu mengendarai mobil sendiri, tentu ini merupakan suatu perubahan yang menyenangkan dalam hidup mereka,” ujarnya berpromosi.

Yang jelas, fakta game juga bisa bermanfaat bagi perkembangan otak, tentu mengurangi kekhawatiran dampak buruk game. Sekarang, tinggal kita memilih-memilah yang baik untuk kita. Tamat; http://www.andriewongso.com/articles/details/654/Main-Game-Baik-Untuk-Lansia)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close