YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Perbaiki daya tahan cegah DB

Memperbaiki daya tahan tubuh membuat kita terhindar dari berbagai penyakit akibat virus, serangan virus demam berdarah yang mengancam pada musim ini. Membangun emosi positif, memperbaiki pola makan, OR dan istirahat cukup. Juga terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh adalah kunci yang harus dipegang

 

Jika ada dua orang yang sama-sama terserang virus DB, jika yang satu daya tahan tubuhnya baik, ia akan tetap sehat. Sementara satu orang lainnya, jika daya tahan tubuhnya lemah, ia akan memperlihatkan tanda-tanda terserang DB. Berikut cara agar kita memiliki daya tahan tubuh yang baik:

 

Perkuat Emosi Positif

Ada beragam bentuk emosi positif, emosi positif yang bersifat riang antara lain kegembiraan, antusiasme, dan kebahagiaan. Entuk emosi positif lainnya adalah perhatian, misalnya kewaspadaan, konsentrasi dan determinasi.

 

Berbagai emosi positif tersebut bisa berkombinasi dengan emosi positif lainnya, sehingga menjadi kekuatan yang luar biasa bagi seseorang untuk menggerakan hidupnya menjadi positif pula. Dengan demikian daya tahan tubuh juga akan senantiasa terjaga kuat.

 

Tingkatkan Kekebalan

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ahli nutrisi menyarankan memperbaiki pola makan. Kita tahu tubuh setiap hari butuh 40-an jenis nutrisi. Setiap hari kita harus memperhitungkan kecukupan vitamin, mineral, karbohidrat, protein, lemak, serat, dan cairan bagi tubuh kita. Bila dirinci berjumlah 40-an macam zat gizi dan non-gizi itu. Kita tidak dapat mengandalkan menu makan favorit setiap saat karena asupan yang monoton, itu-itu saja akan menyebabkan kita kekurangan gizi.

 

Olahraga dan Istirahat yang cukup

Daya tahan tubuh yang baik tidak akan diperoleh tanpa OR dan istirahat yang cukup. Manfaat latihan fisik telah dibuktikan secara ilmiah meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga membantu peredaran darah yang mengangkut zat-zat nutrisi serta oksigen ke seluruh tubuh itu menjadi lancar dan teratur.

 

Lakukan latihan 4-5 x seminggu tidak dalam waktu berturutan. Setiap kali berlatih 30-45 menit. Jika belum dapat mencapainya, lakukan secara bertahap. Para pakar bidang kesehatan olahraga sepakat jalan kaki tergopoh-gopoh merupakan olahraga paling efektif untuk mendapatkan kebugaran.

 

Mendapatkan daya tahan tubuh yang baik, kita butuh kontribusi tidur atau istirahat cukup. Mereka yang waktu tidurnya tidak memadai lebih mudah terserang penyakit akibat virus dibandingkan dengan mereka yang tidurnya cukup. Waktu tidur yang cukup yaitu berkisar antara 7-8 jam sehari. (Sumber: Gaya hidup sehat no.563 dan http://www.yakestelkom.or.id)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close