YAKESTEL DAN OLAH RAGA

P2Tel Bandung Selatan Senam Rutin Reboan 18-09-19

Klub Jantung Sehat Bandung Lautan Api Tegallega yaitu grup Senam P2tel Cabang Bandung Selatan, melakukan aktivitas rutinnya pada hari Rabu 18 September-2019. Senam ini diikuti oleh 30 Pensiunan, 30 Keluarga dan 11 dari Umum

 

Dimulai Senam Ling Tien Kung (telah disajikan di Web ini sebelumnya); Senam Peregangan,  senam Reflexi Tepuk Tangan, Reflexi Nadi, Diabet Pemanasan, diabet Inti dan senam disco tera. Ngomong ngomong tentang Diabet, tidak ada salahnya saya kutipkan “Manfaat Senam Bagi Diabetasi”

 

(rsudpurihusada.inhilkab.go.id)- Upaya penanganan pasien DM dan pencegahan terjadinya komplikasi itu teraturnya pasien DM beraktifitas fisik / OR. Dengan ber-OR bisa terjaga kebugaran tubuhnya, menurunkan berat badan dan memperbaiki sensitivitas insulin, dan memperbaiki kadar gula darah.

 

Pasien DM disarankan ber-OR minimal 3x sepekan minimal 30 menit. OR yang disarankan aerobik, seperti: jalan kaki, bersepeda, jogging, dan senam diabetes, berenang. OR disesuaikan umur dan status kesegaran jasmani individu. Pasien DM yang sehat, intensitas OR dapat ditingkatkan. Pasien yang telah mengalami komplikasi, olahraga dapat dikurangi.

 

Senam bagi Diabetasi bermanfaat banyak. Siapapun yang ber OR senam pasti mendapat manfaat besar, tidak terkecuali penderita diabetes. Senam disarankan bagi Diabetasi karena mampu membakar kalori yang berlebih di tubuh dan di anggap mampu mengontrol kadar gula dalam darah.

 

Alasan senam dapat mengontrol gula darah itu karena saat anda ber-OR senam, sel-sel otot bekerja lebih keras sehingga akan lebih butuh kadar gula dan oksigen untuk dibakar jadi energi. OR senam juga bermanfaat membantu kerja insulin karena gula darah dialirkan melalui sel otot, lalu diubah jadi energi bagi tubuh anda dan menyebabkan kadar gula dalam tubuh anda juga menurun.

 

A-Manfaat OR Senam bagi Diabetasi

1-Mengontrol Gula Darah

Dengan bersenam maka anda membakar kalori pada tubuh dan juga membakar asupan kadar gula yang diubah menjadi energi bagi anda.

 

2-Menghambat penyakit Kardiovaskular

Dengan senam rutin maka anda menghambat dan memperbaiki faktor resiko penyakit kardiovaskular yang sering menyerang diabetasi. Contoh seperti penyakit Stroke, jantung koroner, dan juga penyakit pembuluh darah perifer

 

3-Membantu penurunan berat badan

Senam bagi Penderita Diabetes membantu menurunkan berat badan khususnya bagi yang obesitas (kelebihan berat badan cukup banyak). Efek ini lebih maksimal jika dilakukan dengan mengatur pola makanan yang masuk ke dalam tubuh penderita

 

4-Bisa memberikan keuntungan psikologis

Dengan ber-OR senam teratur bisa memperbaiki kesegaran jasmani. Ini karena gerakan senam bisa memperbaiki system kardiovaskular, pernafasan / respirasi, sampai pengontrolan kadar gula darah sehingga penderita merasa jauh lebih fit dari sebelumnya. Juga bisa menghilangkan kecemasan penderita pada penyakitnya dan meningkatkan kepercayaan dirinya untuk bisa sembuh.

 

5-Mengurangi penggunaan obat

Sering penderita diabetes yang merasakan efek penyakitnya, langsung mengkonsumi obat dari dokter dan jika terus menerus tidak baik. Dengan senam ini, maka mengurangi penggunaan obat-obatan dari dokter yang mengandung senyawa kimia yang cukup tinggi.

 

B-Prinsip latihan  jasmani bagi Diabetasi

1-Frekuensi        :olahraga dilakukan teratur 3-5 kali per minggu

2-Intensitas      : ringan dan sedang

3-Durasi            : 30-60 menit

4-Jenis        : latihan aerobic untuk meningkatkan jantung dan pernapasan seperti jalan, jogging, berenang, dan bersepeda.

 

Pilih latihan jasmani yang disenangi dan memungkinkan untuk dilakukan, dan hendaknya melibatkan otot-otot besar.

(Data dan Foto-foto kiriman H. Djuhana; Bahan dari : http://rsudpurihusada.inhilkab.go.id/manfaat-olahraga-senam-bagi-penderita-diabetes/)-FatchurR

 

*** Jelas kan manfaatnya berbagai Senam di BLA Tegallega, termasuk bagi penderita Diabetes. Jadi kapan Anda mulai aktif bersama kami bergerak dan ber-OR Senam yang ada di tiap Cabang P2Tel?

 

*** Bagi bukan penderita Diabetes untuk apa ? Tentu saja mencegah agar penyakit tersebut tidak menghampiri asalkan lengkapi dengan makan sehat bukan makan enak (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close