Islam

Manisnya iman dari kesabaran

“Sabar itu ada batasannya”; “Berat sekali cobaan hidup ini”; “Kamu ini, dikasih tau masih saja ngeyel.”
Wahai saudaraku, pernahkah anda dengar kata2 itu ketika orang lain sedang marah? Pasti tidak asing lagi donk,atau mungkin kita juga pernah mengatakan yg demikian tanpa kita sadari,
Lalu mengapa kata2 seperti itu sangat mudah sekali keluar dari org yg terbakar api amarahnya..?
Jawabnya hanya 1,yakni LEMAHNYA IMAN. Ikhwani wa Akhwati fiddin Rahimakumullah,sabar merupakan sebuah ucapan yg ringan dilisan namun berat didalam hati ketika pelaksanaannya.
Tak perlu kita pungkiri,bahwa menanamkan kesabaran didalam hati itu memerlukan sebuah usaha yg ekstra agar hasilnya juga bisa kira rasakan dgn Maksimal.
Sebenarnya apa sih sabar itu,adab kaum muslimin dalam bersabar, bagaimana kiat2 untuk mendapatkannya serta apa saja Hikmah yg bisa diraih dari kesabaran..?
berikut penjelasannya:

1.APA ITU SABAR?
Sabar secara Istilah, menahan hati dari kedongkolan, menahan lisan dari keluh kesah dan menahan anggota tubuh dari perbuatan2 yg dapat menzhalimi diri. Ada juga yg mengatakan bahwa sabar sebagai ungkapan dari kokohnya agama menghadapi hantaman Syahwat.

 

Para Ulama membagi sabar kedalam 3 kategori yakni sabar ketika melakukan ketaatan, sabar menahan diri dari berbuat maksiat dan sabar ketika menghadapi Musibah.ketiga sabar inilah yg terpuji didalam Syari’at. (Lihat Fathul majid hlm 421)

2.Adab-adab dalam bersabar
Ada beberapa adab yang harus diketahui, dimiliki dan diamalkan oleh umat muslim, diantaranya:
1.Bersabar ketika diawal musibah : Rasulullah SAW “Sabar yang sebenarnya ialah sabar pada saat bermula (pertama kali) tertimpa musibah. (HR. Muslim dalam Ahamul Jana’iz:35)

2.Mengucapkan kalimat istirja’ (Innalillahi Wainna Ilaihi Rajiun) tatkala ditimpa musibah
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda “tidaklah seorang muslim ditimpa musibah lalu ia mengucapkan apa yg Allah perintahkan (Yang artinya):
“Innalillahi Wainna Ilaihi Rajiun, Kami hanya milik Allah dan akan kembali lagi kepadanya, Ya Allah, berilah aku pahala terhadap musibah ini dan berilah aku ganti yg lebih baik darinya”,kecuali Allah akan berikan ganti yg lebih baik dari musibah yg menimpanya”(HR.Muslim:918)

3.Tidak berkeluh kesah terhadap Musibah yakni Ridha terhadap semua ketetapan Allah. Seperti dilakukan Ummu Sulaim Radhiyallahu ‘anha istri dari Sahabat Abu Thalhah Radhiyallahu ‘anhu tatkala anaknya meninggal. (lihat kisahnya didalam kitab Ahkamul Janaiz)

4.Merahasiakan Rahasia dari Manusia
Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘anhu berpesan “termasuk mengagungkan Allah dan mengenal Haknya, janganlah engkau mengeluh sakitmu dan jangan sebut2 Musibahmu”
Al Ahnaf berkata “aku buta sejak 40 tahun lalu dan aku tidak pernah bercerita tentang musibah ini”

Tips Mendapatkan kesabaran
1.Pelajari agama; mengamalkan dan banyak membaca kisah2 org2 sabar dalam menerima musibah.
2.Melatih diri untuk menjadi org yg bersabar; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda “barangsiapa mencoba untuk bersabar maka Allah akan memberinya kesabaran”.(HR.Bukhari)
3.Berdo’a kepada Allah agar diberi kesabaran.
Do’a adalah obat paling ampuh dalam menjalani kehidupan, ketika menghadapi Masalah,Maka perbanyaklah berdo’a kepada Allah agar diberikan Sifat sabar ini dan keistiqamahan.

4.Hikmah dibalik kesabaran
Banyak hikmah / buah yg akan diraih dari bagi org yang mampu bersabar yang tertulis didalam Al-Qur’an-Al-Hadits, diantaranya Adalah:
1.Allah akan menjadikan orang bersabar sebagai Imam.
“Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar. “(QS As Sajdah ayat 24)

2.Mendapat pahala terbaik dan tidak terbatas
“Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”.(Surah An Nahl ayat 96)

3.Mendapat pujian,rahmat dan hidayah Allah
“Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.(Surah Al Baqarah ayat 157)

4.Rasulullah SAW bersabda “kesabaran adalah tanda dari kebaikan seorang Mukmin.”(HR.Muslim)
5.Rasulullah SAW bersabda “orang yang bersabar akan mendapat pahala syahid”.(HR.Bukhari)
6.Rasulullah SAW bersabda “orang yang bersabar akan diampuni dosanya”.(HR,Bukhari dan Muslim)
7.Rasulullah SAW bersabda “orang yang bersabar akan masuk Syurga”.(HR.Bukhari dan Muslim)

8.Rasulullah SAW “bersabar akan mendapat bermacam kebaikan dari Allah didunia akhirat”.(HR.Bukhari)
9.Sabar akan menjadikan hari,pikirandan tindakan menjadi tenang dan nyaman.
10.Bersabar hal terpuji karena bersabar hanya dimiliki manusia dan tidak dimiliki hewan dan Malaikat.
11.Sabar adalah perintah Allah dan Rasul-Nya.sedang melaksanakannya adalah ladang kehidupan hati.

Subhanallah, betapa Indahnya jika kita mampu menanamkan sifat dihati didalam hati kita serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari2. Ketahuilah Wahai saudaraku,sesungguhnya marah tidak hanya akan membuat menurunkannya kadar keimanan namun juga mampu membuat hati menjadi “MATI” yakni susah menerima kebaikan. (M Farid Fannani)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close