Iptek dan Lingk. Hidup

Tablet Nexus-7 Asus

Ini tablet pertama di kelas layar 7 inchi dengan ‘sentuhan’ khusus dari Google. Diproduksi oleh Asus, tablet yang berlalel Google Nexus 7 ini mengusung desain kompak. Konsepnya menggunakan tema uni body, artinya keseluruhan elemen body diintegrasikan, termasuk baterai model internal ala iPad. Tablet ini berdimensi 198,5 x 120 x 10,5mm dan berat 340 gram. Terbilang ergonomis dan bobotnya nyaman dalam genggaman.

 

Tablet keturunan resmi Google ini minimalis. Sisi depan, tidak dibekali touchpad dan tombol back, diatas layar hanya terdapat lensa kamera. Disisi belakang (back cover) cuma  terdapat speaker. Pada back cover ini tercetak logo Nexus cukup besar, material pada back cover dibuat dari plastik yang kesat, sehingga mantap ketika digenggam.

 

Pada sisi kanan tablet (dilihat dari posisi portrait), hanya terdapat 4 pin konektor untuk keperluan docking dan sebuah lubang kecil mikrofon. Sedangkan pada sisi kiri, ada tombol on /off –  sekaligus tombo, pengunci layar dan tombol pengatur volume.

 

Menurut manual book, Google Nexus 7 yang kami coba sudah dibekali kemampuan NFC, letak NFC reader terdapat pada sisi atas. Untuk bagian bawah terdapat microUSB port dan audio jack 3.5mm. Asus Goole Nexus 7 mengusung jenis layar IPS LCD capacitive dengan kedalaman 16 juta warna, serta resolusi 800×1280 pixels.

 

Catatan: Tablet ini tidak dibekali dengan slot MicroSD dan slot SIM card.

Fitur

Sisi yang menarik dari tablet ini bekal prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A9, menjadikan performa fitur dan aplikasinya memuaskan dari segi kecepatan. Tablet ini menggunakan jenis OS Android terbaru, yakni Android versi 4.1.2 Jely Bean. Versi OS terbaru ini tampilan antarmuka yang lebih apik dari ICS (Ice Cream Sandwich).

 

Ditilik dari segi fitur, tablet yang diuji ini tablet murni, Google Nexus 7 tidak dibekali koneksi selular, artinya untuk jalur internetan memang benar-benar harus mengoptimalkan koneksi WiFi. Untuk bekal internetan, selain browser default juga sudah disertakan Google Chrome browser.

 

Dan memang akselerasi dan tampilan saat browsing dari tablet ini lebih apik ketimbang tablet Android lainnya. Ini juga diperkuat dengan adopsi chipset Nvidia Tegra 3 dan graphic processing unit jenis ULP GeForce. Untuk kemampuan imaging, Google Nexus 7 hanya dibekali kamera depan untuk keperluan video call.

 

Kamera dengan resolusi 1.3 Mpix (1280×960 pixels) ini kelengkapan menunya pun amat terbatas, yakni hanya ada digital zoom, foto editor white balance, dan brightness. Untuk rekam video resolusi bisa dicapai hingga 720p, khusus pada menu rekam video ada tambahan kemampuan efek dan background, selain juga terdapat white balance, dan time lapse interval.

 

Bicara soal musik, dengan hadirnya fitur Google Play, tampilan pemutar musik menjadi sangat memikat, selain ada shuffle, playlist, repeat, dan equalizer, juga ada kemampuan bass booster. Dari pengujian, kualitas speaker yang dihasilkan terbilang biasa-biasa saja.

Catatan: Google Nexus 7 tidak dibekali fitur FM radio.

 

Kinerja

Dengan kekuatan prosesor quad core, tablet ini berkinerja memuaskan. Tapi perlu diingat, Google Nexus 7 hanya sekedar tablet biasa, tidak ada kemampuan koneksi selular GSM-CDMA, semuanya bertumpu pada koneksi WiFi.

 

Kamera utama pun tidak ada di tablet ini, menjadikan kemampuan imaging tablet ini cukup terbatas. Meski ada bekal built in NFC (near field communication), tapi nampaknya fitur ini belum akan banyak berguna untuk saat ini.

 

Asus Google Nexus 7 ditenagai dengan baterai Lithium Ion berkapasitas 4325mAh. Dalam uji coba, tablet dapat bisa bertahan sampai 48 jam. Baterai akan cepat terkuras bisa Anda menghidupkan fitur NFC.

[sumber: selular.co.id; http://indotelcommunity.com/asus-google-nexus-7.html]-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close