Wisata dan Kuliner

Taman Lada di Bangka-Belitung

Pangkalpinang – Badan Pengelola Pengembangan dan Pemasaran Lada (BP3L) Prop Bangka Belitung, akan membangun taman lada di Kab-Belitung yang akan dijadikan sebagai objek wisata di provinsi itu. “Taman lada putih ini dibangun karena berdaya tarik luar biasa dan diperkirakan menarik minat turis luar,” ujar Kepala BP3L Provinsi Bangka Belitung, Zainal Arifin, Minggu (4/1).

 

Ia mengatakan, saat ini pengusaha asal Belitung sudah menyediakan lahan untuk dibuka menjadi taman lada putih. “Lahan tersebut saat ini hanya tinggal pembersihan saja. Lahan yang disediakan sekitar 6 hektare, namun tidak seluruhnya digunakan untuk penanaman lada. Melainkan akan dibangun pondok-pondok peristirahatan,” ungkapnya.

 

Dikatakannya, bibit lada yang ada ditanam pada taman tersebut, sepenuhnya akan disediakan oleh pihaknya. Sedangkan untuk yang mengelola taman itu akan dilakukan pengusaha asal daerah setempat, namun tetap dalam pengawasan BP3L.

 

“Tujuan utama membangun taman lada yakni sebagai destinasi pariwisata sekaligus juga untuk memproduksi lada itu sendiri. Untuk di Pulau Bangka sendiri sudah dilakukan di Desa Cambai,” ujarnya.

Ia menyebutkan, selain sebagai tempat pariwisata, taman lada tersebut juga digunakan sebagai sentral pendidikan khusus lada. Saat ini pihaknya juga sudah bekerja sama dengan Universitas Bangka Belitung (UBB) khususnya Teknik pertanian.

“Taman lada yang ada di Desa Cambai sudah digunakan mahasiswa UBB untuk melaksanakan praktik masalah lada. Kami berharap taman lada ini selain sebagai sentral pendidikan dan destinasi wisata, juga bisa meningkatkan produksi lada yang ada di Babel,” katanya. (Penulis: /FER; Sumber: Antara dan http://www.beritasatu.com/destinasi/238039-taman-lada-bakal-jadi-destinasi-wisata-bangka-belitung.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close