Iptek dan Lingk. Hidup

Bisa tipu radar, Jet Tempur Made In RI

Jakarta -Jet tempur Indonesia Fighter Xperiment (IFX) yang dikembangkan PTDI bakal canggih dan mumpuni. Pesawat yang bakal diproduksi di 2020 itu, berkemampuan anti radar. Teknologi generasi 4.5 membuat jet tempur IFX bisa mengelabui radar musuh.

“Dia mengembangkan anti radar, sistem radar tercanggih. Dia kelihatan di radar sedikit atau samar-samar di radar, kalau F-16 itu kelihatan di radar,” kata Kepala Program Pesawat Terbang LAPAN Agus Aribowo kepada detikFinance.

Selain itu, sistem elektronik (avionic) berteknologi terkini. Untuk meningkatkan kemampuan, IFX juga memakai kerangka pesawat ringan, sehingga membuat manuver jadi gesit. “Kemudian bisa bermanuver tinggi, perlu struktur yang kuat dan ringan. Kemudian sistem avionic terbaru,”.

Agus menegaskan, insinyur Indonesia mampu mengembangkan jet tempur canggih generasi 4.5 itu. “Sebenarnya mampu, kan ada PTDI (PT Dirgantara Indonesia); ITB, BPPT, LAPAN, justru kalau digulirkan ke Korea, mereka belajar malah ke Indonesia karena kita punya pengalaman,” ujarnya.

(Agus Suryono; feb/dnl; http://finance.detik.com/read/2014/06/27/171609/2621566/1036/keren-jet-tempur-made-in-ri-bisa-tipu-radar)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close