Psikologi

Kejayaan masa lalu

Hidup dalam bayang-bayang kebesaran masa lalu (entah jabatan atau karir, kecerdasan, kepemimpinan atau hal yang lain), dan seakan-akan tidak bisa memandang realita yang ada saat ini. Itulah yg disebut “Post Power Syndrome”.

Betapa beratnya mengalami situasi dimana sebelumnya begitu dihormati dan dihargai lalu menjadi seseorang yang tidak dipandang. Maka itu jangan melekat pada masa lalu yang sudah berlalu. Tak usah lagi dijadikan kebanggaan, sebab akan menjadi beban yang memberatkan hidup.

Menerima kenyataan masa kini dengan keadaan yang sebenarnya jauh lebih baik daripada masih membayangkan rasa bangga masa lalu.

Qalbun syakirun atau hati yang selalu bersyukur.

Memiliki jiwa syukur berarti selalu menerima apa adanya (qona’ah), sehingga tidak ada ambisi yang berlebihan, tidak ada stress, inilah nikmat bagi hati yang selalu bersyukur. Seorang yang pandai bersyukur sangatlah cerdas memahami sifat-sifat Allah SWT, sehingga apapun yang diberikan Allah ia malah terpesona dengan pemberian dan keputusan Allah. Bila sedang kesulitan maka ia segera ingat sabda Rasulullah SAW yaitu : “Kalau kita sedang sulit perhatikanlah orang yang lebih sulit dari kita”.

Semoga semua para Penstel diberikan Allah swt jiwa yg selalu bersyukur kepadaNya, aamiin……..
(Pak Oto)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close